Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkebun di Tengah Kota? Tiru Rancangan Rumah Ini

Kompas.com - 02/02/2019, 07:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah rumah di Malaysia ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki hobi berkebun.

Hunian yang dirancang oleh firma Formzero ini didesain khusus untuk mengakomodasi keinginan pemilik rumah dalam berkebun dan bercocok tanam. 

Menurut pimpinan tim arsitek, Lee Cherng Yih, rancangan struktur rumah memang didesain untuk para pensiunan yang memiliki keinginan untuk berkebun.

Pasalnya, tampilan rumah mengedepankan fungsi hunian sekaligus pertanian.

Baca juga: 4 Hal Wajib untuk Memperluas Rumah Mungil Anda

Rancangan rumah terdiri dari kotak-kotak yang dapat diisi dengan tananaman, sehingga membuat pemilik dapat tinggal sekaligus menikmati hamparan tanaman hijau di sekeliling bangunan.

Lantai dasar dibuat terbukaAmeen Deen Lantai dasar dibuat terbuka
Desain rumah menerapkan beberapa strategi pasif. Strukturnya terdiri dari kotak-kotak penanam beton.

Seluruh kotak dirancang dengan apik sehingga dapat menampung hingga 40 jenis tanaman.

Kotak-kotak yang juga berfungsi sebagai kebun urban ini merupakan representasi dari pemilik rumah yang menginginkan hunian dengan suasana pedesaan.

Dalam merancang kotak-kotak ini, arsitek memanfaatkan bambu sebagai bekisting. Cara ini umum digunakan saat membangun rumah tradisional.

Interior rumah dirancang dengan warna putih yang menghiasi hampir seluruh dinding.Ameen Deen Interior rumah dirancang dengan warna putih yang menghiasi hampir seluruh dinding.
Pemanfaatan bahan bambu dinilai mampu memberikan tekstur alami pada fasad rumah. Selain itu, penggunaan bambu sebagai pelengkap tekstur juga dinggap lebih ramah lingkungan sekaligus murah dalam perawatan.

Selain itu, fasad bangunan juga menampilkan warna alami beton yang terlihat kontras dengan tanaman tropis yang ditempatkan.

Sementara lantai dasar dibuat terbuka. Setiap ruangan hanya dibatasi dengan partisi kaca yang tinggi guna menyerap lebih banyak sinar matahari.

Desain rumah menerapkan beberapa strategi pasifAmeen Deen Desain rumah menerapkan beberapa strategi pasif
Dari luar, partisi ini tidak terlihat karena tertutup dengan dinding dan tanaman. Rancangan ini berfungsi untuk menjaga privasi pemilik rumah.

Selain itu, interior rumah dirancang dengan warna putih yang menghiasi hampir seluruh dinding.

Tangga di tengah hunian berfungsi sebagai pembatas antar ruang tamu dan bagian belakang yang berupa dapur dan ruang makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com