Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triwulan I-2019, Tol Cimanggis-Cibitung Siap Dilintasi

Kompas.com - 01/02/2019, 16:25 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terus dikebut. PT Cimanggis Cibitung Tollways, cucu usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk, menargetkan Seksi I Interchange Cimanggis-Transyogi sepanjang 3,5 kilometer dapat beroperasi pada triwulan pertama 2019. 

"Triwulan pertama tahun ini siap beroperasi. Kita carikan izinnya ke uji layak operasi," kata Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR) Alex Siwu menambahkan, jalan tol ini dirancang sepanjang 26 kilometer yang terbagi ke dalam dua seksi.

"Untuk Seksi I diharapkan rampung dan beroperasi Juni 2019," kata Alex kepada Kompas.com.

Baca juga: Telan Rp 3,5 Triliun, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Rampung 2019

Sementara, untuk Seksi 2 Transyogi-Cibitung ditargetkan baru bisa beroperasi pada akhir tahun 2019.

Sejauh ini, progres konstruksi untuk Seksi I baru mencapai 80,71 persen dan 92,64 persen untuk pembebasan lahannya.

Sementara pekerjaan konstruksi untuk Seksi 2 baru mencapai 26,66 persen. Adapun pembebasan lahannya telah mencapai 65,44 persen.

Akses Cimanggis jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Transyogi, Cibubur. Wilayah ini terkenal macet karena banyaknya jumlah kendaraan yang antara lain berasal dari sejumlah perumahan yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Direktur Utama PT WTR Herwidiakto berharap dengan kehadiran tol tersebut bisa mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan arteri.

"Mudah-mudahan bisa memperlancar arus lalu lintas, misalnya dari Kota Wisata dan Kota Legenda. Masyarakat nantinya bisa masuk Tol Jagorawi lewat Cibubur," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com