Kompas.com - 31/01/2019, 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Regulasi yang membolehkan sepeda motor untuk bisa lewat jalan tol memang sudah ada. Namun, penerapan aturan tersebut di ruas tol di kota besar seperti Jakarta, sepertinya akan sulit.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas PP 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol disebutkan bahwa jalan tol yang bisa dilalui kendaraan roda dua harus menyediakan jalur khusus bagi sepeda motor yang terpisah dari jalur kendaraan roda empat atau lebih.

Regulasi itu memang tidak mengatur secara spesifik apakah kebijakan itu harus dilaksanakan pada ruas tol baru atau eksisting.

Meski begitu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, jalur khusus yang digunakan tidak boleh memakai bahu jalan.

“Ya tadi aturannya bilang begitu, boleh, kalau terpisah. Masalahnya, di tol yang disebutkan tadi bisa enggak dibikin terpisah,” kata Herry kepada Kompas.com, Rabu (30/1/2019).

Baca juga: Diskursus Motor Masuk Tol, Antara Keadilan dan Keamanan

Bila melihat kondisi ruas Tol Dalam Kota atau Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), ia menilai, sulit untuk menerapkan regulasi tersebut.

“Kalau lihat lahan dan seterusnya ya sulit. Kalau secara teknis ya perlu struktur dan macem-macem nanti, malah lebih repot nantinya,” cetus Herry.

Herry menegaskan, bahu jalan tidak bisa digunakan sebagai jalur khusus sepeda motor lantaran jalur tersebut merupakan bagian dari standar pelayanan minimum (SPM) jalan tol, khususnya untuk jalur kendaraan roda empat atau lebih.

Jalur tersebut disediakan pengelola jalan tol yang dapat digunakan dalam kondisi darurat.

“Bahu enggak boleh. Bahu itu kan bagian dari jalannya. Nanti SPM jalan tolnya untuk kendaraan roda empat malah tidak terpenuhi,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.