Bantu Jakarta Atasi Banjir, Pemerintah Bangun Sistem Pompa Kali Item

Kompas.com - 30/01/2019, 18:30 WIB
Kunjungan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi bersama rombongan ke lokasi proyek Bendungan Karian di Lebak, Banten, Sabtu (24/11/2018). Erwin Hutapea/Kompas.comKunjungan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi bersama rombongan ke lokasi proyek Bendungan Karian di Lebak, Banten, Sabtu (24/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membantu Pemprov DKI Jakarta mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi setiap tahun.

Salah satunya yakni dengan membangun sistem pompa di Kali Sentiong atau dikenal sebagai Kali Item.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi menjelaskan, saat ini unit layanan pengadaan (ULP) telah dibentuk di Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.

ULP itulah yang nantinya akan melaksanakan proses lelang yang rencananya dilaksanakan tahun ini.

"Anggarannya Rp 450 miliar," kata Hari di kantornya, Rabu (30/1/2019).

Baca juga: Kali Item Berbusa, Potret Terbelakangnya Manajemen Limbah Jakarta

Sistem pompa yang akan dibangun berfungsi memperlancar aliran air yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sentiong, termasuk yang berada di wilayah Sunter dan Kali Item.

"Supaya kita tarik airnya. Kan itu mengendap disitu antara Sentiong sama Sunter dia enggak bisa kemana-mana kalau dengan itu Insya Allah nanti bisa ketarik," kata dia.

Keberadaan pompa tersebut, lanjut Hari, hanya akan membantu memperlancar aliran air.

Sementara untuk mengatasi bau tak sedap yang kerap muncul di kali tersebut, ia mengimbau, masyarakat dapat lebih memberikan perhatian kepada kali itu.

"Kalau bau kan mesti harus diselesaikan. Itu masalah sosial, lain. Misalnya, sebelum buang ke sungai, seharusnya dibersihkan dulu, masuk ke saringan biar enggak ada sampah. Yang bikin (bau) kan sampah ke situ jadi ngendap," pungkas Hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X