Kamikatsu, Desa Bebas Sampah

Kompas.com - 22/01/2019, 16:33 WIB
Zero Waste Academy Zero Waste AcademyZero Waste Academy

KOMPAS.com - Desa Kamikatsu di Jepang yang berada di Pulau Shikoku, Jepang Barat, telah menjadi perbincangan di seluruh dunia, karena keberhasilannya dalam mengolah limbah.

Dengan penduduk kurang dari 1.700 jiwa, Kamikatsu merupakan desa terkecil di pulau tersebut.

Meski begitu, penduduk di desa ini memiliki visi menjadi tempat tanpa limbah pada 2020 mendatang. Mereka tidak membakar sampah atau menguburnya di dalam tanah.

Sebaliknya, sampah yang dihasilkan tidak dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), melainkan memisahkannya dalam beberapa kategori.

-Zero Waste Academy -
Cara ini memang populer di seluruh dunia, namun melalui program Xero Waste Academy yang diinisiasi oleh Akira Sakano, sampah-sampah tersebut dipisahkan menjadi 45 kategori.

Di tingkat atas, terdapat sampah dari limbah makanan, logam, kertas, plastik, botol kaca, baki makanan, furnitur, dan mesin.

Di dalam kategori tersebut terdapat beberapa sub kategori.

Misalnya limbah logam masih harus dipisah menurut jenisnya, seperti alumunium dana baja.

Kemudian limbah kertas dipisahkan lagi dalam kategori sampah koran, kardus, kertas, karton, gelas kertas, tabung kertas, dan lain-lain.

Hal ini juga berlaku bagi limbah jenis lainnya.

Sebelumnya, selama beberapa dekade, desa ini tidak banyak memperhatikan pembuangan akhir limbanya. Mereka biasa membakarnya di mesin insinerator terbuka atau menguburnya di dalam tanah.

Namun setelah insinerator yang dimiliki mati, penduduk pun mulai memikirkan cara lain agar sampah yang dihasilkan tidak mengotori llingkungan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X