Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamikatsu, Desa Bebas Sampah

Kompas.com - 22/01/2019, 16:33 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Kamikatsu di Jepang yang berada di Pulau Shikoku, Jepang Barat, telah menjadi perbincangan di seluruh dunia, karena keberhasilannya dalam mengolah limbah.

Dengan penduduk kurang dari 1.700 jiwa, Kamikatsu merupakan desa terkecil di pulau tersebut.

Meski begitu, penduduk di desa ini memiliki visi menjadi tempat tanpa limbah pada 2020 mendatang. Mereka tidak membakar sampah atau menguburnya di dalam tanah.

Sebaliknya, sampah yang dihasilkan tidak dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), melainkan memisahkannya dalam beberapa kategori.

-Zero Waste Academy -
Cara ini memang populer di seluruh dunia, namun melalui program Xero Waste Academy yang diinisiasi oleh Akira Sakano, sampah-sampah tersebut dipisahkan menjadi 45 kategori.

Di tingkat atas, terdapat sampah dari limbah makanan, logam, kertas, plastik, botol kaca, baki makanan, furnitur, dan mesin.

Di dalam kategori tersebut terdapat beberapa sub kategori.

Misalnya limbah logam masih harus dipisah menurut jenisnya, seperti alumunium dana baja.

Kemudian limbah kertas dipisahkan lagi dalam kategori sampah koran, kardus, kertas, karton, gelas kertas, tabung kertas, dan lain-lain.

Hal ini juga berlaku bagi limbah jenis lainnya.

Sebelumnya, selama beberapa dekade, desa ini tidak banyak memperhatikan pembuangan akhir limbanya. Mereka biasa membakarnya di mesin insinerator terbuka atau menguburnya di dalam tanah.

Namun setelah insinerator yang dimiliki mati, penduduk pun mulai memikirkan cara lain agar sampah yang dihasilkan tidak mengotori llingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com