Kompas.com - 19/01/2019, 10:00 WIB
Sebuah kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di KM 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). Jalan retak sepanjang 50 meter tersebut akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana PutraSebuah kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di KM 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). Jalan retak sepanjang 50 meter tersebut akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah retak sejak Rabu (16/1/2019) lalu, perbaikan permanen Tol Pemalang-Batang tak kunjung dilakukan.

PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR) selaku pengelola ruas tersebut baru melakukan perbaikan yang sifatnya sementara.

Direktur Utama PT PBTR Supriyono mengatakan, hujan lebat yang masih turun di wilayah tersebut menjadi kendala. Dengan demikian perbaikan permanen belum bisa dilakukan.

Baca juga: Kronologi Retaknya Tol Pemalang-Batang yang Baru Diresmikan Jokowi

"Perbaikan sementara telah dilakukan untuk mengamankan pengguna jalan Tol dan jalan warga Desa Kalangdepok akibat peristiwa tersebut," kata Supriyono lewat keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (18/1/2019).

Ia pun berjanji, perbaikan permanen segera dilakukan setelah cuaca memungkinkan.

Adapun beberapa upaya yang akan dilakukan dalam perbaikan tersebut seperti pembersihan area pekerjaan, penimbunan rounding dengan material tanah dengan pemadatan, serta pembuatan saluran dan memperbesar dimensi inlet.

Baca juga: Waskita Bantah Tol Pemalang-Batang Retak 20 Meter

"Kemudian, pembongkaran aspal yang retak dan pengaspalan kembali," kata Supriyono.

Seluruh pekerjaan tersebut akan dilaksanakan dalam waktu enam hari bila tak ada kendala hujan.

Tol Pemalang-Batang dirancang sepanjang 39,2 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,5 triliun. Tol ini terdiri atas dua seksi.

Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.