Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Menguntungkan, Courts BSD Segera Ditutup

Kompas.com - 18/01/2019, 19:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Peritel elektronik dan furnitur Courts Asia berencana menutup salah satu gerainya di Indonesia.

Manajemen perusahaan memutuskan untuk menutup Courts Bumi Serpong Damai (BSD) City Megastore di Tangerang Selatan karena selama ini dinilai tidak menguntungkan.

“Perusahaan tidak ingin menanggung tingginya biaya sewa selama sisa periode penyewaan," kata sumber internal perusahaan, seperti diberitakan Retailnews.asia, Jumat (18/1/2019).

Di sisi lain, Courts Retail Indonesia akan membeli bangunan yang selama ini dijadikan gerainya di Kota Harapan Indah (KHI), Bekasi.

Properti di kedua lokasi tersebut, yakni BSD dan KHI, sama-sama disewa dari Garwita Sentra Utama untuk menjadi gerai ritel Courts.

Baca juga: Setelah Bekasi, Courts Mencengkeram BSD

Selain itu, Courts juga akan kehilangan uang jaminan sebesar Rp 14,38 miliar dan harus membayar denda sebesar Rp 38,7 miliar karena menghentikan perjanjian kontraknya untuk gerai yang berada di BSD.

Gerai yang berlokasi di KHI memiliki total luas ruangan sebesar 21.800 meter persegi, dengan sisa masa sewa masih sekitar 24 tahun.

Courts menambahkan, penutupan gerai dan pembelian aset baru merupakan bagian dari pengaturan ulang aset properti yang dimiliki perusahaan.

Tindakan itu juga sebagai wujud dari peninjauan yang berkelanjutan terhadap jaringan gerai Courts di seluruh dunia.

Setelah mengambil alih kepemilikan aset properti di KHI, perusahaan akan mempertimbangkan opsi untuk mengurangi gerainya dan menggunakan kembali bangunan yang tersisa untuk keperluan komersial lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com