Menjawab JK, Ini Komparasi Ongkos Konstruksi LRT Dalam dan Luar Negeri

Kompas.com - 14/01/2019, 18:00 WIB
Perkembangan pembangunan LRT Jabodebek Tahap I trase Cibubur-Cawang, Kamis (9/2/2017). Hilda B Alexander/Kompas.comPerkembangan pembangunan LRT Jabodebek Tahap I trase Cibubur-Cawang, Kamis (9/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mengklaim, biaya konstruksi proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) termasuk murah bila dibandingkan proyek lain sejenis.

Meski proyek sepanjang 44,4 kilometer tersebut dibuat dengan konstruksi layang atau elevated dengan berbagai pertimbangan, hal itu tidak serta merta membuat biayanya membengkak dari yang sudah dianggarkan.

"Bisa dibandingkan dengan proyek-proyek sejenisnya. Misalnya dibandingkan dengan MRT. MRT itu kalau enggak keliru per kilometernya Rp 1 triliun," kata Budi menjawab Kompas.com, Senin (14/1/2019).

Untuk diketahui, kebutuhan investasi LRT Jabodebek sebesar Rp 29,9 triliun. Dengan kebutuhan dana Rp 673 miliar per kilometer untuk pembangunan sarana dan prasarananya.

Bila dibandingkan dengan proyek LRT Jakarta yang digarap PT Jakpro, biaya konstruksi per kilometernya memang lebih murah.

Baca juga: Disebut JK Kemahalan, Ini Tanggapan Adhi Karya tentang LRT Jabodebek

LRT Jakarta yang hanya sepanjang 5,8 kilometer itu membutuhkan biaya Rp 1,08 triliun per kilometernya.

Sementara, bila dibandingkan dengan proyek LRT Palembang, biayanya memang terpaut lebih mahal.

Proyek LRT Palembang yang dikerjakan Kementerian Perhubungan sepanjang 23,4 kilometer dengan investasi Rp 11,3 triliun, membutuhkan Rp 484 miliar untuk konstruksi sarana dan prasarana per kilometernya.

Lantas bagaimana bila dibandingkan dengan biaya pembangunan LRT di luar negeri?

Budi menyebut, biaya pembangunan LRT Jabodebek juga masih lebih murah bila dibandingkan dengan sejumlah LRT di luar negeri.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X