Katedral Nativity, Simbol Kerukunan Kristiani dan Muslim Mesir

Kompas.com - 07/01/2019, 21:00 WIB
Cathedral of Nativity AFPCathedral of Nativity

KOMPAS.com - Katedral Kelahiran Kristus atau Cathedral of Nativity yang baru saja diresmikan Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi, Minggu (6/1/2018), menjadi simbol keharmonisan antara umat muslim dan kristiani di negara tersebut.

Pembangunan katedral ini diinisiasi langsung oleh Sisi pada 2017 lalu saat menghadiri perayaan malam Natal bersama umat gereja koptik di Katedral Ortodoks Koptik St Markus di Abbassiya, Kairo.

Saat itu, Sisi berjanji bahwa pada tahun berikutnya umat Kristen Koptik akan menjalankan misa malam Natal di sebuah katedral baru yang akan menjadi terbesar di Mesir bahkan Timur Tengah.

Katedral tersebut kemudian dibangun 40 kilometer sebelah timur Kairo yang merupakan ibu kota administrasi baru.

Kota tersebut merupakan bagian dari proyek mega infrastruktur yang dirancang Sisi, guna mengurangi kemacetan di Kairo dan pada akhirnya dapat menampung hingga 7 juta orang.

Cathedral of NativityAFP/GETTY Cathedral of Nativity

Dilansir dari Egypt Today, Juru Bicara Gereja Koptik, Paul Halim mengungkapkan, katedral Nativity dibangun di atas lahan seluas 63.000 meter persegi.

Area seluas itu tak semata untuk katedral, melainkan juga kantor pusat kepausan, gereja yang lebih kecil, area parkir bawah tanah bertingkat serta pusat layanan masyarakat.

Di samping itu, area tersebut juga ditata untuk mencakup ruang terbuka yang luas dan tanaman yang membuatnya rindang.

Tak butuh waktu lama bagi Paus Tawadros II, pemimpin umat Kristen Koptik di sana, untuk menyetujui desain katedral yang diajukan. Dengan begitu, proses pembangunannya pun dapat segera dieksekusi guna memenuhi janji Sisi.

Hingga kini, pihak gereja belum mengungkapkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun katedral tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X