Kompas.com - 07/01/2019, 20:33 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah pusat melalui Balai Sumber Daya Air Kupang, akan membangun satu embung di Desa Uitao, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis memantau lokasi pembangunan embung pada Minggu (7/1/2019).

Keberadaan embung tersebut untuk menampung air hujan sehingga bisa dimanfaatkan pada saat musim kemarau.

Fary menargetkan konstruksi embung bisa dimulai pada Februari mendatang. Oleh karena itu, lahan di kawasan yang akan dibangun, harus bebas dari sengketa, sehingga proses konstruksi bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga: Tokoh Adat Kupang Minta Pembangunan Jalan Perbatasan Dilanjutkan

"Masyarakat di Semau, khususnya di Uitao sudah lama mengharapkan embung di daerah itu," ucap Fary kepada sejumlah wartawan, Senin (7/1/2019).

Fary mengaku, sudah meminta tim ahli dari Balai Sumber Daya Air untuk meninjau, dan hasilnya disebutkan bahwa lokasi tersebut layak untuk dibangun embung.

Menurut Fary, pemerintah juga akan membangun sebuah embung dengan daya tampung besar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air bersih di empat desa di Pulau Semau yakni Desa Otan, Bokonusan, Letbaun dan Uitao.

"Kami berharap, dengan dibanggunnya embung itu, bisa memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat di Pulau Semau," pungkas Fary.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.