Kompas.com - 07/01/2019, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Di tengah ancaman pemanasan global yang berdampak pada perubahan cuaca ekstrim, seperti apa hunian yang paling tepat untuk dibangun?

Bagi Arkup, sebuah perusahaan berbasis di Florida, kapal pesiar bertingkat yang merangkap sebagai rumah modern adalah jawabannya.

Arkup merancang sebuah hunian yang dapat mengapung dimana pada saat bersamaan juga berfungsi sebagai sebuah kapal pesiar.

Hunian ini dilengkapi dengan kaki hidraulik yang dapat mengangkat bangunan hingga mencapai ketinggian 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Selain itu, panel surya yang dibenamkan dapat menghasilkan daya hingga 30 kW yang kelak dapat digunakan untuk menghidupkan kincir double, listrik, serta berbagai peralatan elektronik lainnya.

"Rumah apung merupakan sebuah konsep hunian populer di beberapa belahan dunia," demikian tulis keterangan Arkup seperti dilansir New Atlas.

Kendati berfungsi layaknya kapal, Arkup meyakini bahwa siapa saja yang masuk di dalamnya tidak akan merasa mabuk.

Sebab, bangunan yang dirancang seluas 404 meter itu dinilai sama kokohnya seperti rumah, meski dapat berjalan dengan kecepatan tujuh knot, menahan badai dan gelombang, termasuk angin hingga kecepatan 155 mph.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber New Atlas
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.