Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Rumah Apung Ini Seperti Kapal Pesiar Mewah

Kompas.com - 07/01/2019, 16:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Di tengah ancaman pemanasan global yang berdampak pada perubahan cuaca ekstrim, seperti apa hunian yang paling tepat untuk dibangun?

Bagi Arkup, sebuah perusahaan berbasis di Florida, kapal pesiar bertingkat yang merangkap sebagai rumah modern adalah jawabannya.

Arkup merancang sebuah hunian yang dapat mengapung dimana pada saat bersamaan juga berfungsi sebagai sebuah kapal pesiar.

Hunian ini dilengkapi dengan kaki hidraulik yang dapat mengangkat bangunan hingga mencapai ketinggian 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Selain itu, panel surya yang dibenamkan dapat menghasilkan daya hingga 30 kW yang kelak dapat digunakan untuk menghidupkan kincir double, listrik, serta berbagai peralatan elektronik lainnya.

"Rumah apung merupakan sebuah konsep hunian populer di beberapa belahan dunia," demikian tulis keterangan Arkup seperti dilansir New Atlas.

Kendati berfungsi layaknya kapal, Arkup meyakini bahwa siapa saja yang masuk di dalamnya tidak akan merasa mabuk.

Sebab, bangunan yang dirancang seluas 404 meter itu dinilai sama kokohnya seperti rumah, meski dapat berjalan dengan kecepatan tujuh knot, menahan badai dan gelombang, termasuk angin hingga kecepatan 155 mph.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Atlas
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com