Libur Akhir Tahun, Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Tol Trans Jawa - Kompas.com

Libur Akhir Tahun, Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Tol Trans Jawa

Kompas.com - 29/12/2018, 13:00 WIB
Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.Baihaki/KONTAN Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat yang akan berlibur akhir tahun menggunakan kendaraan pribadi mengakses jalur Tol Trans Jawa.

Presiden menyebut, jalan tol ini telah tersambung penuh sepanjang 760 kilometer dari Jakarta hingga Surabaya. Bahkan, bila dihitung dari Merak hingga Pasuruan, tol ini telah terkoneksi sepanjang 933 kilometer.

"Kalian yang di Pulau Jawa, misalnya, bisa beperkgian antarkota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, sampai Surabaya, misalnya, kini punya banyak pilihan rute: jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah," tulis Presiden lewat akun Instagram resminya, Sabtu (29/12/2018).

Baca juga: Rumitnya Menyusun Formulasi Batas Tarif Tol Trans-Jawa

"Bahkan, sejak akhir tahun 2018 ini, jalur darat paling cepat sudah tersedia: Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya sejauh 760 kilometer sudah tersambung," imbuh dia.

Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Tol Trans Jawa, ungkap Presiden, tak hanya menyajikan jalanan yang mulus serta lebar, tetapi juga menghadirkan pengalaman baru.

Hal itu disebabkan adanya pemandangan alam indah di hampir sepanjang perjalanan.

Belum lagi berbagai obyek pariwisata yang layak untuk difoto dan disebar di media sosial. Misalnya, panorma indah Gunung Merbabu dapat dinikmati saat melintas ruas Tol Bawen-Salatiga.

Selain itu ada pula Jembatan Tuntang yang melintasi kawasan hutan dan Danau Rawa Pening yang tak kalah indah.

"Di daerah Kendal, di ruas tol Batang-Semarang, ada jembatan Kalikuto yang menjulang kokoh dari rangka baja lengkung bercat merah," kata Presiden.

Foto dari udara suasana simpang susun Jalan Tol Pejagang-Pemalang, Ruas Pejagan-Brebes Timur, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa itu telah siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran nanti.KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Foto dari udara suasana simpang susun Jalan Tol Pejagang-Pemalang, Ruas Pejagan-Brebes Timur, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa itu telah siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran nanti.

Area pesawahan, padang rumput, dan pepohonan juga dapat dinikmati di sepanjang kiri-kanan ruas selepas simpang susun Kartasuro dari arah Salatiga serta simpang susun Jombang yang terdapat di ruas Tol Jombang-Mojokerto.

"Di sepanjang jalan tol, terdapat tempat-tempat peristirahatan dengan toilet, masjid atau musala, warung-warung yang menawarkan aneka makanan lokal. Saya sendiri pernah mampir di rest area kilometer 597 di ruas tol Ngawi-Kertosono, dan mencicipi pecel Madiun, sate Ponorogo, dan kopi lokal," papar Jokowi.

Jembatan Tungtang di Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Jembatan Tungtang di Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).

Presiden yang mengaku akan menghabiskan malam tahun barunya bersama keluarga di dalam negeri itu mengatakan, hadirnya Trans Jawa memungkinkan masyarakat untuk menikmati perjalanan yang cepat, indah dan menyenangkan.

"Dan satu lagi, foto-foto perjalananmu layak untuk dibagikan di media sosial. Selamat berlibur," tutup Presiden.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar Tarif Tol Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa



Close Ads X