Basuki Tegaskan "Flyover" Cengkareng Tidak Rusak

Kompas.com - 27/12/2018, 13:46 WIB
Perbakikan sambungan Flyover Cengkareng yang Merennggang KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARIPerbakikan sambungan Flyover Cengkareng yang Merennggang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar tentang retaknya Jalan Layang atau  Flyover Cengkareng ramai dibahas di media sosial dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, bahwa keretakkan flyover tersebut bukan karena rusak.

Saat ini, flyover yang dibangun pada 2008 itu memang sedang dalam masa pemeliharaan rutin pada bagian sambungannya.

Baca juga: Flyover Cengkareng Sudah Retak Sejak Awal Tahun 2018

Pada bagian sambungan itu terdapat karet penyambung antar beton yang berfungsi menahan getaran dan pemuaian.

"Gini lho ya, kalau ada beton yang renggang, itu kan biasanya diisi karet. Ini karetnya yang mau diganti," kata Basuki di kantornya, Kamis (27/12/2018).

Ia pun heran. Perbaikan flyover yang sifatnya rutin bisa menjadi viral di media sosial.

"(Itu kan) kelihatannya renggang, terus difoto diviralkan," ungkap Basuki.

Padahal, pada pekerjaan konstruksi lain yang juga memiliki beton sambungan juga menerapkan sistem pemeliharaan yang sama. Seperti yang terlihat pada proyek jalur perlintasan Light Rail Transit (LRT).

"Kalau liat LRT semuanya kan enggak rapat. Karena dengan panas dan dingin itu kan dia memuai nyusut, memuai nyusut," jelas Basuki.

Hingga saat ini, flyover Cengkareng masih ditutup oleh Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat dengan meletakkan 10 beton Movable Concrete Barrier (MCB) di jalan masuk jembatan.

Bagi pengendara yang ingin menuju Pluit dari arah Kembangan, mereka dapat melewati Jalan Arteri Cengkareng dan melanjutkannya ke arah Pluit.

Sejak tadi malam, sejumlah petugas dinas perhubungan dan kepolisian sudah bersiaga membantu pengendara yang hendak melintasi jalan tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X