Pemerintah Hong Kong Buka Program Rumah Murah

Kompas.com - 26/12/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi Hong KongSHUTTERSTOCK Ilustrasi Hong Kong

KOMPAS.com - Pemerintah Hong Kong menawarkan rumah murah di Kowloon dengan harga 13.000 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 242 juta per meter persegi.

Hong Kong Economic Journal mengabarkan, harga ini lebih murah 38 persen dibanding harga pasaran di salah satu wilayah dengan harga properti paling mahal di dunia tersebut.

Baca juga: Menengok The Peak, Lokasi Termahal di Hong Kong

Program ini baru akan dibuka Januari mendatang. Sementara mereka yang berhak mengajukan aplikasi adalah penduduk tetap atau permanent resident dengan penghasilan tidak lebih dari 37.000 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 68 juta per bulan.

Selanjutnya, pemohon yang terpilih akan dapat menghuni aset mereka dalam waktu tertentu.

Untuk permulaan, pemerintah Hong Kong menyediakan 450 rumah bagi mereka yang memenuhi syarat serta belum memiliki hunian. Pembeli juga dilarang untuk menjual kembali properti tersebut.

Pemerintah Hong Kong juga telah menyediakan program hunian murah lainnya. Sepanjang tahun ini terdapat lebih dari 260.000 pelamar yang mengajukan diri untuk mendapatkan 4.431 flat di Hong Kong.

Harga rumah di Hong Kong meningkat pesat hingga mencapai hampir 50 persen dalam lima tahun terakhir.

Sementara, persentase kepemilikan rumah di Hong Kong juga sedang berada dalam level terendah dalam 30 tahun terakhir.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X