Cara Menjaga Rumah Anda Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Kompas.com - 25/12/2018, 19:16 WIB
Ilustrasi ruang tamuFreshome Ilustrasi ruang tamu

KOMPAS.com - Musim hujan seperti sekarang identik dengan musim sakit. Demam dan flu dapat dengan mudah menyerang Anda, bila kondisi tubuh tidak fit.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar seperti lingkungan kerja yang dipadati dengan rekan yang sakit berpotensi melemahkan daya tahan tubuh Anda.

Sebelum kondisi tubuh Anda jadi jauh lebih drop, ada baiknya Anda melakukan beberapa antisipasi. Dan, antisipasi tersebut dapat dimulai dari lingkunan terdekat, yaitu rumah.

Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil pada dimulai dari rumah untuk memastikan bahwa lingkungan terdekat Anda tidak menjadi sumber penyakit.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Biasakan mencuci tangan

Kebiasaan mudah ini barang kali sering Anda sepelekan. Padahal, mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran kuman penyakit.

Agar kegiatan mencuci tangan lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, meletakkan sambut lembut dan wangi, lilin beraroma, hingga pelembab. Sebab, meski musim hujan tak berarti tangan Anda tidak bisa kering.

Pada dasarnya, meletakkan beberapa hal tersebut adalah untuk memberikan pengalaman menyenangkan saat mencuci tangan, sehingga tidak seorang pun yang mengunjungi rumah Anda akan berpikir untuk melewatkannya.

2. Jangan malas untuk bersih-bersih

Jangan biasakan bermalas-malasan saat musim hujan. Justru, ini adalah waktu yang tepat untuk membuat perabotan di rumah Anda tetap bersih.

Mulailah dengan memebrsihkan meja kerja, meja ruang tamu, kenop pintu, sakelar lampu, hingga gagang lemari atau laci penyimpanan.

Halaman:



Close Ads X