Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Basuki: Evakuasi Korban Tsunami Jadi Prioritas

Kompas.com - 24/12/2018, 13:22 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, selama masa tanggap darurat pasca-tsunami di Pandeglang dan Lampung Selatan, evakuasi korban meninggal dunia dan penyelamatan korban hidup menjadi prioritas utama.

Selain itu, pembersihan sampah dan puing yang berserakkan serta pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi para pengungsi juga turut fokus pemerintah selama tujuh hari ke depan.

"Dari sisi infrastruktur tidak banyak terdampak. Paling parah banyak sampah yang menjadi tugas Kami untuk membersihkannya serta rumah-rumah semi permanen yang rusak," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (23/12/2018).

Basuki mengatakan, peristiwa tsunami yang terjadi tergolong langka. Karena itu, saat ini para pakar masih meneliti penyebab pasti terjadinya peristiwa ini.

Untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan jalan, Kementerian PUPR sudah mengirimkan tujuh ekskavator, 12 dump truck, dan dua loader.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi pasca-tsunami yang melanda wilayah Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018).Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi pasca-tsunami yang melanda wilayah Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018).

Selain itu juga telah dikirimkan 16 mobil tangki air, dua mobil toilet dan 20 hidran umum untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi para pengungsi.

Tambahan alat berat dan peralatan air bersih dan sanitasi akan dikirimkan dari Jakarta dan Banten.

Proses pembersihan jalan pun telah dilakukan sejak Minggu pagi dan kini akses ke wilayah Labuan dan Carita sudah normal kembali.

Basuki mengatakan, bila ada jalan putus, maka sesuai standar akan dilakukan pemulihan paling lama tujuh hari seperti kerusakan yang terjadi di Jalan Gubeng di Surabaya yang ambles.

Selain itu, ia menambahkan, bencana yang terjadi di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terakhir menjadi pelajaran tentang pentingnya pemenuhan kode bangunan yang adaptif dan tangguh bencana.

"Penerapan building code sangat penting. Mulai awal 2019, Kami akan intensifkan sosialisasi building code ke daerah-daerah terutama yang rawan bencana," ucap Basuki.

Kondisi pasca-tsunami yang melanda wilayah Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018).Kementerian PUPR Kondisi pasca-tsunami yang melanda wilayah Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com