Kompas.com - 23/12/2018, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-gelombang tsunami yang melanda Selat Sunda dan berdampak pada sejumlah wilayah di kawasan Anyer-Carita, Banten, tak memengaruhi kondisi fisik dan operasional Jalan Tol Tangerang-Merak.

Operasional Tol Tangerang-Merak berjalan normal dan pengelola menjamin optimalisasi pengoperasian gerbang tol dengan penambahan petugas layanan.

"Jawara Duta Layanan Nataru yang ada disiagakan untuk turut memberikan layanan prima menghadapi pengguna jalan pasca terjadinya bencana," ujar Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak), Krist Ade Sudiyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (23/12/2018).

Menanggapi bencana yang terjadi, Astra Tol Tangerang-Merak juga menyiapkan beberapa langkah siaga, seperti:

1. Membentuk dua posko siaga yang terdiri dari Posko Siaga di Kantor Operasional Ciujung sebagai pusat koordinasi dengan otoritas setempat, Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), Kepolisian Daerah (Polda) Banten, dan aparat di lapangan.

Kemudian Posko Siaga di Kantor Serang Timur siaga pusat penyelamatan dan logistik bantuan.

2. Menyiagakan seluruh potensi layanan darurat baik keutuhan layanan jalan tol maupun di lokasi bencana.

3. Layanan internal jalan tol berupa penambahan petugas yang siaga di 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak, memaksimalkan armada layanan patroli, rescue dan medis.

4. Layanan penanganan lokasi berkoordinasi dengan Nurani ASTRA yang turut memberikan bantuan armada derek, ambulans, tenaga rescue Tim Unit Tanggap Darurat Astra (UTDA).

5. Menyiapkan bantuan logistik yang akan didistribusikan kepada korban bencana.

6. Menyiapkan lokasi pengumpulan logistik bantuan di Kantor Gerbang Serang Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.