Jakarta-Surabaya Lewat Tol Trans-Jawa Hanya 10 Jam

Kompas.com - 23/12/2018, 17:26 WIB
Dokumentasi perjalanan mudik Jakarta-Surabaya via tol Trans-Jawa Dok. Johannes E. NajoanDokumentasi perjalanan mudik Jakarta-Surabaya via tol Trans-Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Diresmikannya tujuh ruas tol Trans-Jawa oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12/2018), memicu eforia masyarakat memanfaatkan jalur ini.

Tak hanya untuk mudik saat libur Natal dan Tahun Baru, namun juga banyak yang ingin menjajal mulus dan panjangnya lintasan jalan bebas hambatan ini.

Salah satunya adalah Johannes E Najoan. Kepada Kompas.com, dia menceritakan pengalamannya menjajal ruas tol Trans-Jawa dari Jakarta menuju Surabaya.

"Saya sama sepupu kebetulan senang jalan, pas dengar tol baru pengen nyobain. Kami berangkat tanggal 21 pagi. Mampir di Semarang dulu," ujar Johannes, Minggu (23/12/2018).

Baca juga: 7 Ruas Tol Baru Trans-Jawa Gratis hingga Januari 2019

Dia menambahkan, perjalanan dari Jakarta ke Semarang ditempuh dalam waktu enam jam, sedangkan Semarang ke Surabaya ditempuh dalam empat jam.

Dengan demikian, lanjut Johannes, keseluruhan waktu yang harus dia tempuh Jakarta-Surabaya lewat Jalan Tol Trans-Jawa adalah 10 jam.

"Jakarta-Semarang hanya dua kali stop, dan Semarang-Surabaya juga dua kali stop. Tapi kalau bawa keluarga mungkin bisa lebih dari 10 jam karena harus banyak berhenti," ucap Johannes.

Selesainya pembangunan Tol Trans-Jawa ini menurut Johannes mampu memangkas waktu perjalanan dengan sangat signifikan. Sebelumnya, Johannes harus menempuh waktu selama 18 jam untuk rute yang sama.

Dokumentasi perjalanan mudik Jakarta-Surabaya via tol Trans-JawaDok. Johannes E. Najoan Dokumentasi perjalanan mudik Jakarta-Surabaya via tol Trans-Jawa
Sedangkan untuk tarif tol, Johannes mengaku menghabiskan dana sebesar Rp 496.500. Ini karena masih ada beberapa ruas jalan yang belum dikenakan tarif setelah diresmikan.

"Kalau tol, kami isi e-toll Rp 500.000 di Jakarta, sampai Surabaya tinggal 3.500," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X