Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal, 64.620 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 22/12/2018, 19:01 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 64.620 kendaraan melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan tercatat di Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga Jumat (21/12/2018) pukul 24.00 WIB.

Jumlah total kendaraan itu ada yang masuk dan keluar dari Jakarta, dengan rincian 21.655 kendaraan masuk dan 42.965 kendaraan keluar. Angka ini mengalami peningkatan 56 persen dari Kamis (20/12/2018) yang tercatat 41.323 kendaraan.

Demikian informasi yang disampaikan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali pada Sabtu (22/12/2018) siang.

Adapun jumlah kendaraan yang melintas di gerbang keluar rata-rata 1.643 kendaraan per jam. Untuk itu, LMS telah menyiapkan 6 gardu masuk dan 11 gardu keluar yang dibuka untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Selain itu, manajemen LMS saat ini sedang memberlakukan sistem contraflow dari Km 83 A sampai Km 87 A dan Km 100 A sampai 106 A. Rekayasa lalu lintas ini masih terus berlangsung sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Diperkirakan pada Sabtu ini merupakan puncak arus lalu lintas menjelang libur Natal dan tahun baru. 

Sehubungan dengan bertambahnya kepadatan lalu lintas di Tol Cipali, GM Operational PT LMS Suyitno mengimbau kepada para pengguna Tol Cipali diharapkan agar selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilalui.

“Kami sarankan mengisi bahan bakar minyak (BBM) di luar Tol Cipali, terutama saat bepergian dan pulang nanti, agar tidak terjadi penumpukan di rest area,” kata Suyitno melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Pengguna jalan tol juga diharapkan tidak berlama-lama berada di rest area, dan jika area tersebut penuh, disarankan untuk beristirahat di luar area Tol Cipali, kemudian nantinya bisa masuk kembali.

Selain itu, penting juga untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik secara berkala sebelum masuk tol.

LMS pun mengharapkan para pengguna jalan memperhatikan keselamatan berkendara, seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, mematuhi rambu lalu lintas, dan menggunakan peta digital untuk mengetahui posisinya.

Terkait dengan cuaca yang tidak menentu, pengguna jalan tol juga diminta berhati-hati dan mengatur kecepatan kendaraannya, serta beristirahat jika mengantuk atau merasa lelah agar tidak mengalami kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com