Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Interior Kereta Ramah Anak di Swiss

Kompas.com - 20/12/2018, 23:06 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bepergian dengan kereta terkadang bisa sanat membosankan. Apalagi jika membawa anak-anak. Namun Swiss memiliki terobosan khusus untuk masalah ini.

Negara kecil di Eropa ini memiliki jaringan transportasi terpadu, yang terdiri dari sekitar 250 penyedia layanan berbeda.

Bahkan negara ini memiliki jaringan rel terpadat dan terpanjang dengan layanan yang paling tepat waktu. Hal ini tentunya akan membuat iri banyak negara lainnya.

Selain itu, bisa dikatakan, transportasi massal khususnya kereta di negara ini ramah anak. Betapa tidak, setiap rute perjalanan jauh, kereta yang berjuluk Ticki Park ini dilengkapi dengan ruang khusus keluarga serta taman bermain di lantai kedua.

Di setiap bangku juga disediakan board game atau papan permainan yang dapat dimainkan bersama anggota keluarga lain. 
Ticki Park Di setiap bangku juga disediakan board game atau papan permainan yang dapat dimainkan bersama anggota keluarga lain.
Di dalam ruangan khusus ini, anak-anak bebas bermain dengan beragam permainan yang disediakan. Bahkan, di setiap bangku juga disediakan board game atau papan permainan yang dapat dimainkan bersama anggota keluarga lain.

Interior ruangan gerbong juga dihias dengan gambar dan ilustrasi hutan imajinatif. Tak hanya itu, setiap bangku juga diwarnai dengan warna-warna cerah. Sedangkan pada dek bawah digunakan untuk penyimpanan bagasi dan stroller.

Dalam kurun waktu 10 tahun antara tahun 2004 hingga 2014, jumlah penumpang transportasi publik di Swiss tumbuh sekitar 30 persen.

Negara kecil di Eropa ini memiliki jaringan transportasi terpadu, yang terdiri dari sekitar 250 penyedia layanan berbedaTicki Park Negara kecil di Eropa ini memiliki jaringan transportasi terpadu, yang terdiri dari sekitar 250 penyedia layanan berbeda
Infrastruktur dan transportasi publik di Swiss memang menjadi salah satu yang terbaik. Dalam Laporan Travel & Tourism Competitiveness yang dirilis World Economic Forum pada 2017, Swiss menempati peringkat ke-10 dalam dari seluruh kategori.

Sedangkan untuk kategori wisata dan infrastruktur, negara ini berada di peringkat keempat. Bahkan dalam kategori kualitas jalur kereta pai, Swiss mendapatkan ranking kedua dan peringkat ketujuh pada kualitas jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com