RS Siloam Bantah Tudingan Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng

Kompas.com - 19/12/2018, 18:34 WIB
Lokasi jalan ambles di jalan Raya Gubeng Surabaya, Selasa (18/12/2018) malam KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALLokasi jalan ambles di jalan Raya Gubeng Surabaya, Selasa (18/12/2018) malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Rumah Sakit Siloam Surabaya angkat bicara terkait peristiwa amblesnya jalan di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Selasa (18/12/2018) malam.

Lokasi amblesnya jalan tersebut bersebelahan dengan proyek ruang bawah tanah atau basement di belakang RS Siloam.

Baca juga: Jalan Gubeng yang Ambles Bersebelahan dengan Lokasi Proyek Basement RS Siloam

General Affair Manager RS Siloam Surabaya, Budijanto Surjowinoto mengaku, turut prihatin atas peristiwa yang terjadi sekitar pukul 21.30 WIB tersebut.

Menurut dia, pekerjaan konstruksi yang sedang dilakukan adalah pembangunan sarana ritel dan sarana kesehatan oleh pemilik proyek.

Pemilik proyek telah menyerahkan pelaksanaan proyek sepenuhnya kepada kontraktor yaitu PT Nusantara Konstruksi Engineering Tbk.

"Dalam hal tersebut, Rumah Sakit Siloam Surabaya nantinya hanya sebagai pengguna/penyewa pada saat bangunan sudah selesai," kata Budijanto dalam keterangan tertulis, Rabu (19/12/2018).

Ia mengklaim, PT NKE juga telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga, kantor Wali Kota Surabaya dan semua instansi terkait untuk memastikan keamanan sekitar proyek dan akan segera melakukan perbaikan hingga jalan dapat berfungsi kembali.

"RS Siloam Surabaya memastikan bahwa seluruh pasien yang sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Siloam Surabaya tetap dalam kondisi aman dan Rumah Sakit Siloam Surabaya tetap beroperasi seperti biasa," kata dia.

Baca juga: Jalan Raya Gubeng Surabaya Ambles, Ini Kata Menteri PUPR

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya membantah bahwa amblesnya jalan sedalam 30 meter dan lebar 8 meter tidak terkait dengan sesar Surabaya atau waru, seperti isu yang beredar.

Pasalnya, saat peristiwa terjadi tidak ada aktivitas tektonik yang terjadi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X