Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Perindustrian Gelar IID Awards 2019

Kompas.com - 18/12/2018, 23:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menggelar Indonesia Industrial Design Awards (IIDA) 2019 yang bisa diikuti oleh para pelaku industri desain produk di Indonesia.

Ajang ini merupakan penghargaan untuk produk, desainer, dan klien (perusahaan) yang terlibat dalam industri desain.

"Kami mau mengangkat kemampuan dan potensi yang ada dan diproduksi orang Indonesia," ujar Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam acara Kick Off IIDA 2019 di Kemang, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Dia mengatakan, produk dan peserta yang bisa mengikuti ajang penghargaan ini adalah yang mempunyai inovasi dan kualitas desain sesuai industri (industrial design).

Nantinya, IIDA akan menilai produk yang sudah ada di pasar Indonesia dan menunjukkan ciri khasnya. Jenisnya berasal dari berbagai kelas industri, mulai dari kecil, menengah, sampai besar.

"Kami memberi apresiasi kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang sudah berproduksi, serta memperlihatkan Indonesia-nya. Mereka dibina dengan desain yang bagus sehingga produknya akan lebih menarik lagi," jelas Gati.

Salah satu syarat produk yang bisa mengikuti ajang ini, ungkapnya, yaitu sudah diproduksi maksimal tiga tahun sebelumnya.

Ada beberapa jenis penghargaan dakam IIDA, yakni IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3, dan IID Grand Awards.

Di samping itu, ada pula IID Mark untuk produk yang bernilai historis, dan IID Lifetime Achievement kepada orang yang berperan besar dalam industri desain produk di Indonesia.

Berbagai tahap dalam IIDA yakni mulai dari kick off pada hari ini, pendaftaran pada Januari-April 2019, sosialisasi mulai Desember 2018-Juli 2019, pra-seleksi pada Juli 2019, seleksi tahap l pada Agustus 2019, seleksi tahap ll pada September 2019, penganugerahan pada Oktober 2019, dan roadshow pada Oktober-Desember 2019.

Pada perhelatan ini, Ditjen IKM juga bekerja sama dengan tiga asosiasi profesi desain, yaitu Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), dan AIDIA yang merupakan asosiasi profesional desain komunikasi visual Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com