Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2018, 23:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendahnya tekanan air yang keluar dari keran atau shower saat mandi menjadi salah satu masalah yang kerap dialami.

Beberapa penyebabnya yaitu kualitas infrastruktur yang sudah uzur, perawatan yang kurang, dan penggunaan alat pemanas air.

Merespons hal itu, American Standard yang dikenal sebagai produsen peralatan mandi dan sanitasi mengeluarkan produk baru bernama Genie Hand Shower.

Produk ini ditujukan untuk mengatasi kurangnya tekanan air.

Product Manager American Standard Indonesia Ramdan Abdul Rosyid mengatakan, Genie memiliki tiga keunggulan, yaitu dari segi tekanan, kebersihan, dan penghematan air.

"Ada fitur yang namanya Petal Pressure, tekanan airnya cukup kuat, tapi tetap lembut di kulit sehingga nyaman untuk semua anggota keluarga," ujar Ramdan saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Pancaran air yang bisa keluar dengan kuat, karena ada 120 lubang mikro yang membuat tekanan air menjadi kencang, tetapi tetap terasa lembut di kulit.

Selain itu, lubang paling atas dan bawah berukuran agak lebih besar yang berfungsi mengembalikan air ke dalam selang jika shower itu selesai digunakan.

"Soal selang ini juga ukurannya universal. Tekanan air yang normal bisa sampai 3 bar, tapi kalau misalnya 1,5 bar atau di bawahnya harus lepas pelapis di selang," imbuh Ramdan.

Produk baru American Standard bernama Genie Hand Shower.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Produk baru American Standard bernama Genie Hand Shower.
Keunggulan kedua yaitu ftur Easy Clean yang menyangkut kebersihan.

Hand shower ini diklaim mudah dibersihkan karena penutup bagian belakangnya bisa dibuka tutup.

Jika ada kotoran yang mengendap di dalamnya, bisa dibersihkan secara berkala.

Penutup itu bisa dibuka dengan kunci yang tersedia dalam satu paket saat membeli hand shower tersebut.

Caranya cukup dengan memasukkan kunci itu ke lubang yang ada, lalu diputar dan bagian dalam shower bisa langsung dibersihkan.

"Jadi sangat mudah, semua anggota keluarga bisa membersihkannya. Kalau shower biasa ada endapan kotoran cuma bisa dibersihkan di permukaan, itu pun belum tentu bersih. Mau enggak mau harus ganti shower," ucapnya.

Keunggulan ketiga yakni Water Saving. Fitur ini dikatakan bisa menghemat air sampai 35 persen sehingga mampu mengurangi penggunaan air mandi.

Dengan demikian, tambah Ramdan, tagihan air pun otomatis berkurang, tetapi pengalaman saat mandi tetap bisa dinikmati.

Genie Hand Shower tersedia dalam tiga warna, yaitu Aquamarine, Petal Pink, dan Steel Grey. Dengan harga Rp 260.000, produk ini bisa didapatkan di berbagai toko perlengkapan alat mandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com