Presiden Resmikan Pembangunan Jalan Tol Pertama di Aceh

Kompas.com - 14/12/2018, 18:10 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, Jumat (14/12/2018). Kompas.com/DANI PRABOWOPresiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, Jumat (14/12/2018).

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Aceh, yakni Tol Banda Aceh-Sigli, resmi dimulai. Peresmian tol sepanjang 74 kilometer ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Kompas.com, Presiden tiba di lokasi peresmian yang berada di Segmen 4 Indrapuri-Blang Bintang sekitar pukul 17.50 WIB dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang, berompi merah dan mengenakan helm proyek.

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Baca juga: Sejumlah Fakta Jalan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Setiba di lokasi, Presiden mendapatkan penjelasan tentang proyek senilai Rp 12,35 triliun ini dari Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto. Setelah itu, Presiden langsung beranjak ke podium untuk meresmikannya.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, kita laksanakan groundbreaking Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer ini,” ucap Presiden diikuti dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti.

Untuk diketahui, tol ini terbagi ke dalam enam segmen, yaitu Segmen 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,7 kilometer, Segmen 2 Seulimeum-Jantho 6,3 kilometer, dan Segmen 3 Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian, Segmen 4 Indrapuri-Blang Bintang 13,5 kilometer, Segmen 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan Segmen 6 Kuto Baro-Baitussalam 4,8 kilometer.

Pembangunan jalan bebas hambatan yang ditugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero) ini ditargetkan rampung 2021.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X