Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Jembatan Pengganti Sementara Batang Kalu Dibuka Fungsional

Kompas.com - 14/12/2018, 09:06 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan sementara yang menggantikan Jembatan Batang Kalu di Kecamatan 2x11, Padang Pariaman, Sumatera Barat, akan dibuka fungsional satu jalur pada Sabtu (14/12/2018) besok.

Jembatan Batang Kalu sebelumnya ambruk dan memutus arus lalu lintas angkutan logistik dan manusia antara Padang-Bukittinggi-Pekanbaru.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jembatan akan dilakukan dalam tiga tahap.

Baca juga: Akses Padang-Bukittingi Rusak, Pemerintah Bangun Jembatan Sementara

Tahap pertama yang akan dibuka akan digunakan untuk pergetakkan dari Padang ke Bukittingi. Sementara arus sebaliknya melalui jalur Sicincin-Melalak.

“Saya khusus ke lokasi ini atas perintah Bapak Presiden Joko Widodo karena beliau memonitor dari dekat (penanganan jembatan Batang Kalu). Perintah beliau agar konektivitas ruas Padang-Bukittinggi pulih lebih cepat,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (14/12/2018).

Adapun untuk tahap kedua, akan dibangun jembatan bailey di samping jembatan sementara yang akan dimulai Senin (17/12/2018) dan ditargetkan selesai dalam waktu tujuh hari.

Untuk tahap ketiga, jembatan bailey digunakan untuk kedua arah, lalu jembatan sementara akan dibongkar dan diganti dengan jembatan permanen.

"Pembangunan jembatan permanen akan dimulai pada pertengahan Januari 2019 dan ditargetkan rampung dalam waktu 6 bulan,” kata Basuki.

Kementerian akan menggunakan kontraktor lokal, demikian juga material akan disuplai dari pabrik beton yang ada di Sumatera Barat.

Biaya pembangunan jembatan diperkirakan sekitar Rp 15 miliar. Meski hanya 30 meter namun menggunakan konstruksi bore pile sehingga butuh waktu 6 bulan. Kekuatannya bisa mencapai 100 tahun.

Untuk mencegah terjadinya gerusan air pada struktur bawah jembatan, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V-Ditjen Sumber Daya Air secara paralel saat ini juga tengah mengerjakan bangunan pengarah arus Sungai Batang Kula.

“Pekerjaan sudah dilakukan dengan dana tanggap darurat dan akan dilanjutkan dengan anggaran tahun 2019. Perkuatan tebing sungai dilakukan dengan menggunakan sheet pile di kedua sisi jembatan dan ditargetkan rampung pada Februari 2019,” kata Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com