Pengembang Rancamaya Sesuaikan Proyeknya dengan Tol Bocimi

Kompas.com - 12/12/2018, 14:52 WIB
Suryamas Dutamakmur mulai melakukan penyesuaian desain pengembangan proyeknya dengan mempertimbangkan keberadaan jalan tol Bocimi. Dok PT Suryamas DutamakmurSuryamas Dutamakmur mulai melakukan penyesuaian desain pengembangan proyeknya dengan mempertimbangkan keberadaan jalan tol Bocimi.
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya Tol Bocimi Seksi I yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Desember 2018 lalu disambut para pelaku bisnis, khususnya pebisnis properti di sekitar kawasan Bogor. Tol ini membuka banyak akses untuk mendongkrak ekonomi Bogor.

Salah satu pebisnis yang merespon positif pengoperasian jalan tol itu adalah pengembang proyek perumahan Rancamaya Golf Estate. Eftianto, Division Head Business Development PT Suryamas Dutamakmur Tbk menilai keberadaan tol ini akan membuat poros Bogor- Sukabumi akan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan.

"Terutama seiring mulai beroperasinya sebagian ruas tol Bogor- Sukabumi dan dimulainya pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi. Kawasan Bogor- Sukabumi jelas akan berubah total menjadi kawasan perekonomian baru dalam beberapa tahun mendatang," kata Eftianto, Senin (11/12/2018).

"Kan tidak cuma jalan tol Bocimi dan rel kereta ganda, tapi bandara baru juga bakal dibangun oleh pemerintah di Sukabumi. Ini kabar baik bagi kami pengembang di Bogor," tambah Eftianto.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan selama ini perjalanan dari Ciawi di Bogor, Jawa Barat, menuju Cigombong di Sukabumi ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika melewati jalan nasional.

Nantinya, Sugiyartanto, Tol Bocimi bisa mempercepat kenaikan kapasitas ekonomi poros Bogor- Sukabumi, sekaligus mempersingkat waktu tempuh kendaraan dari Jabodetabek ke Sukabumi.

"Dengan adanya ruas tol ini waktu tempuh 1,5 jam bisa terpangkas signfikan, menjadi 10-15 menit. Ruas jalan tol Bocimi seksi I sepanjang 15,35 kilometer (km) menyambungkan Ciawi hingga Cigombong," kata Sugiyartanto, saat peresmian Tol Bocimi, di Bogor.

Menanggapi pendapat tersebut, Eftianto kembali melanjutkan, pihak Suryamas mulai melakukan penyesuaian desain pengembangan proyeknya dengan mempertimbangkan keberadaan jalan tol Bocimi, akses rel ganda dan rencana pengembangan bandara baru untuk menopang infrastruktur di poros Bogor- Sukabumi.

Untuk pengembangan produk misalnya, tutur Eftianto, pihaknya langsung membuka produk kaveling simpanan dengan luas mulai 240 meter persegi.

Suryamas bahkan juga sudah menyiapkan klaster Amadeus di Distrik Kingsville. Ini merupakan rumah dua lantai yang dibanderol mulai Rp645 juta.

"Ada high value di klaster ini, karena penghuninya akan punya akses langsung ke Bogor Inner Ring Road dan juga dekat ke pintu tol Bocimi," tambah Eftianto.

Adapun proyek hunian terbaru di Rancamaya Golf Estate ini dibangun dengan tipe luas bangunan terkecil mulai 40 meter persegi dan lahan seluas 84 meter persegi. Ada juga kaveling siap bangun dengan ukuran luas berkisar 240 m2-283 m2 yang kisaran harganya mulai dari Rp1,9 miliar.

Rancamaya Golf Estate sendiri dikembangkan di lahan seluas 400 hektar di kawasan Bogor. Jumlah hunian yang sudah dibangun di dalamnya mencapai 1.300 unit hunian menengah atas yang terbagi menjadi 26 klaster.

Sugiyartanto optimistis kawasan residensial ini akan menjadi kawasan yang paling menikmati pembukaan tol Bocimi. Hal itu mengingat jaraknya hanya sekitar 200 meter dari pintu tol.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X