Kompas.com - 11/12/2018, 11:00 WIB
Proyek apartemen dan rusun TOD Stasiun Rawa Buntu yang dikembangkan Perum Perumnas Kompas.com / Dani PrabowoProyek apartemen dan rusun TOD Stasiun Rawa Buntu yang dikembangkan Perum Perumnas

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya hunian berkonsep transit oriented development (TOD) dapat menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan menekan angka kemacetan.

Hal itu diungkapkan saat kegiatan groundbreaking proyek apartemen TOD di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Selain di sana, juga dilaksanakan groundbreaking untuk proyek serupa di Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Cisauk.

Baca juga: Tiga BUMN Bangun 10.783 Unit Apartemen TOD

"Ini efisien sekali, sehingga para pekerja tidak jauh dari moda transportasi," kata Basuki.

Ketiga proyek tersebut digarap oleh tiga perusahaan pelat merah, yaitu Perum Perumnas, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya (Persero).

Cisauk Point, proyek apartemen dan rusun yang dikembangkan PT Adhi Karya di Stasiun Cisauk.Kompas.com / Dani Prabowo Cisauk Point, proyek apartemen dan rusun yang dikembangkan PT Adhi Karya di Stasiun Cisauk.

Menurut Basuki, pembangunan tersebut juga turut mendorong capaian program satu juta rumah, yang pada tahun ini diklaim telah melebihi target.

Saat ini, capaian program unggulan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu telah mencapai 1.041.323 unit.

"Dari segi ukuran pun menurut saya bagus, ada tipe 32 dan 70. Jadi tidak ada lagi tipe 21, minimal 32. Itu saya kira cukup bagus untuk bisa jadi tempat hunian," ungkap Basuki.

Pemerintah, kata Basuki, juga akan membantu perusahaan pelat merah dalam pembangunan proyek tersebut.

Salah satunya yakni dengan membangunkan jalur fly over yang kelak akan digunakan sebagai jalur menuju lokasi apartemen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X