Miami Ubah Area Bawah Jalur Kereta Jadi Taman

Kompas.com - 10/12/2018, 13:12 WIB
Inisiator proyek, Meg Daly, mengatakan, ide awal untuk membangun taman ini datang ketika dia harus menggunakan transportasi publik The Underline Inisiator proyek, Meg Daly, mengatakan, ide awal untuk membangun taman ini datang ketika dia harus menggunakan transportasi publik

KOMPAS.com - Kurangnya ruang publik menjadi salah satu masalah di perkotaan dewasa ini. Sebuah organisasi nirlaba di Miami, The Underline mencoba untuk mengubah area di bawah jalur kereta yang menghubungkan Brickell ke Dadeland di Miami, menjadi taman dan ruang terbuka.

Inisiator proyek, Meg Daly, mengatakan, ide awal untuk membangun taman ini datang ketika dia harus menggunakan transportasi publik.

Saat itu dia pun mulai menyadari banyaknya ruang tersisa yang tidak digunakan. Untuk itu, dia pun mulai membuat gerakan bernama Friends of The Underline.

Kondisi jalan di bawah jalur kereta yang menghubungkan Brickell ke Dadeland di Miami saat ini.The Underline Kondisi jalan di bawah jalur kereta yang menghubungkan Brickell ke Dadeland di Miami saat ini.
Jika kelak selesai, area sepanjang 16 kilometer tersebut akan diubah menjadi ruang terbuka dan kegiatan bagi komunitas, seperti area yoga luar ruangan, lapangan basket, panggung pertunjukan.

Selain itu, taman ini juga akan menawarkan beberapa ruang multifungsi lain, di antaranya, tempat parkir sepeda, area permainan, hingga meja untuk berbagai keperluan.

Taman ini juga akan terhubung dengan beberapa jaringan trasnportasi di dalam kota, sehingga memudahkan warga yang ingin bepergian.

Di sepanjang jalur taman, juga akan ditumbuhi dengan lebih dari 1.000 buah tanaman anggrek.

Jika kelak selesai, area sepanjang 16 kilometer tersebut akan diubah menjadi ruang terbuka dan kegiatan bagi komunitas, seperti area yoga luar ruangan, lapangan basket, panggung pertunjukan. 
The Underline Jika kelak selesai, area sepanjang 16 kilometer tersebut akan diubah menjadi ruang terbuka dan kegiatan bagi komunitas, seperti area yoga luar ruangan, lapangan basket, panggung pertunjukan.
Selain ituk proyek ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kejahatan yang sering terjadi di Miami.

Meg Daly mengungkapkan, tingat kejahatan bahkan terhitung sangat tinggi. Oleh karena itu, banyak warga yang memilih bepergian dengan menggunakan mobil pribadi.

"Miami-Dade County merupakan salah satu jalur paling berbahaya untuk berjalan dan bersepeda di seluruh penjuru negeri," ujar Daly.

Dia melanjutkan, upaya pembuatan taman ini juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi kriminalitas.

Dengan mengubah area sebelumnya terlantar menjadi ruang publik, Daly berharap banyak warga yang mulai merasa aman saat berjalan atau pun sekedar bersepeda.

Lebih lanjut, keberadaan penerangan dan berbagai fasilitas lain diharapkan akan mengurangi tingkat kriminalitas di wilayah ini.

The High Line, Manhattan, New York. The High Line The High Line, Manhattan, New York.
Sebelumnya, proyek serupa sudah pernah dilakukan di Detroit, Indianapolis, Gergia, dan Chicago.

Salah satu yang paling terkenal adalah The Hugh Line, yang merupakan proyek pembangunan taman di bekas jalur kereta api di New York.

Bahkan firma di balik proyek pembuatan taman di New York tersebut juga ikut ambil bagian dalam merancang The Underline.

Tahap pertama dari proses konstruksi sudah dilaksanakan. Rencananya, pembangunan taman ini akan rampung pada 2020 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber WEFORUM
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X