Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evaluasi Kinerja Pimpinan, Kementerian ATR/BPN Gelar Rakerda di 7 Kota

Kompas.com - 06/12/2018, 09:24 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengadakan Rapat Evaluasi dan Proyeksi Pencapaian Kinerja Tahun 2018 di tujuh kota.

Rapat kerja daerah (rakerda) ini diikuti oleh kepala Kantor Pertanahan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota.

Salah satunya digelar di Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (5/12/2018). Rakerda ini diikuti oleh semua kepala Kantor Pertanahan kabupaten atau kota dari enam Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengatakan, rapat ini menjadi sarana bagi Kementerian ATR/BPN untuk menilai kinerja Kepala Kantor Pertanahan.

"Ini sudah sesuai dengan arahan Pak Menteri, yang menginginkan Performance Based System , yang artinya semua pegawai di ATR/BPN dinilai berdasarkan kinerja," ujar Himawan melalui keterangan tertulis, Kamis (6/12/2018).

Penerapan Performance Based System bertujuan membangun mekanisme atau pola kerja berbasis kinerja yang dinilai berdasarkan indikator yang obyektif.

Rapat Evaluasi dan Proyeksi Pencapaian Kinerja Tahun 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (5/12/2018).Kementerian ATR/BPN Rapat Evaluasi dan Proyeksi Pencapaian Kinerja Tahun 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (5/12/2018).

Kegiatan rakerda diisi dengan paparan yang dilakukan oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi dan dilanjutkan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota.

Paparan itu berisi data umum pertanahan, realisasi, dan kendala pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Reforma Agraria (Redistribusi Tanah), Pengadaan Tanah, Penanganan Masalah/Percepatan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)/Pengendalian dan Pemanfaatan Tanah, Zona Integritas, dan Capaian Realisasi Anggaran.

"Rakerda ini untuk melakukan rapat interaktif, dari situ kita akan mengetahui permasalahan yang ada dan kita bisa diskusi bersama agar kinerja kita bisa tercapai," imbuh Himawan.

Adapun tujuh kota yang dijadikan lokasi pelaksanaan Rakerda yaitu Medan (7-9 November 2018), Jakarta (12-14 November 2018), Bali (15-17 November 2018), Makassar (21-23 November 2018), Semarang (26-28 November 2018), Palembang (5-7 Desember 2018), dan Jakarta (11-13 Desember 2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com