Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bangun Perpustakaan Sekolah Cuma 7 Hari

Kompas.com - 04/12/2018, 16:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Sebuah bangunan perpustakaan di China dibangun hanya dalam waktu tujuh hari. Perpustakaan ini berada di Sekolah Dasar Er-Tai di Porvinsi Hebei, China.

Bangunan perpustakaan ini dibentuk dari serangkaian modul yang dirakit di pabrik, di mana seluruh struktur bangunan dan insulasi digabungkan dengan dinding. Sedangkan desain gedung dirancang oleh Dot Architects.

Baca juga: Perpustakaan, Kado Seabad Kemerdekaan Finlandia

Perakitan modul ini memberikan keuntungan, yakni ketika modul sudah selesai dirakit, material tersebut dapat langsung dirakit di tempat.

"Desain perpustakaan ini harus merespon kebutuhan dari proses konstruksi," ujar Dot Architects.

Untuk pencahayaan, arsitek merancang banyak jendela pada fasad bangunanWu Qingshan. Untuk pencahayaan, arsitek merancang banyak jendela pada fasad bangunan
Perpustakaan tersusun dari tiga buah bangunan. Satu bangunan digunakan sebagai tempat penyimpanan buku, lengkap dengan ruang publik dan halaman.

Sementara bangunan lain digunakan sebagai ruang baca.

Untuk pencahayaan, arsitek merancang banyak jendela pada fasad bangunan. Setiap dinding ruangan ditempel dengan panel chipboard yang menciptakan keseragaman di tiap ruangan.

Bangunan perpustakaan ini dibentuk dari serangkaian modul yang dirakit di pabrik, Wu Qingshan. Bangunan perpustakaan ini dibentuk dari serangkaian modul yang dirakit di pabrik,
Sebelumnya, sekolah dengan 1.000 siswa ini hanya memiliki ruang baca yang dibangun dengan luas 45 meter persegi.

Pembangunan perpustakaan ini didanai oleh Huaxia Bank, sementara proses pembangunan diawasi langsung oleh arsitek dan spesialis konstruksi kayu.

Sedangkan buku-buku di perpustakaan merupakan hasil sumbangan dri Huaxia Bank dan organisasi non-profit lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com