Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Kanker Anak Dirancang seperti Ruang Bermain

Kompas.com - 01/12/2018, 18:16 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma Belanda MMEK merancang desain interior bagi fasilitas pemulihan dan riset kanker anak-anak.

The Princess Maxima Center di Utrecht, Belanda, bertujuan untuk masuk dalam daftar lima lembaga penelitian onkologi pediatrik top dunia.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pusat penelitian dan rehabilitasi ini kemudian merancang interior gedung yang mampu menstimulasi perkembangan kognitif, sosio emosional, dan motorik pasien kanker yang sedang dalam usia pertumbuhan.

"Identitas dari Princess Maxima Center diekspresikan di dalam seluruh elemen interior," ujar firma tersebut.

Salah satu bagian yang paling unik dari fasilitas pemulihan ini adalah taman dengan bentuk berkelok-kelokEwout Huibers Salah satu bagian yang paling unik dari fasilitas pemulihan ini adalah taman dengan bentuk berkelok-kelok
Desain interior yang dirancang oleh MMEK memampukan anak-anak untuk terus bergerak dan beraktivitas.

Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan ruang khusus bagi anak-anak untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungannya.

Meski begitu, firma ini juga menyediakan ruang yang sehat dan aman baik bagi pasien maupun keluarga. Tujuan dari desain ini adalah agar anak-anak yang berada di fasilitas ini merasa normal dan sehat.

"Seluruh ruangan, furnitur, dan mainan anak-anak merupakan bagian dari desain. Interior gedug dirancang dengan bentuk yang seragam, yang dapat dikenali di seluruh penjuru gedung, sehingga menjadikannya lingkungan yang akrab dan mudah dipahami," imbuh MMEK.

Desain interior yang dirancang oleh MMEK memampukan anak-anak untuk terus bergerak dan beraktivitasEwout Huibers Desain interior yang dirancang oleh MMEK memampukan anak-anak untuk terus bergerak dan beraktivitas
Salah satu bagian yang paling unik dari fasilitas pemulihan ini adalah taman dengan bentuk berkelok-kelok. Taman ini dirancang untuk melintasi setiap ruang di dalam fasilitas ini.

Rancangan unik taman ini memang bertujuan untuk membebaskan anak-anak untuk bermain di seluruh lingkungan gedung. Bahkan pasien dengan kondisi fisik yang kurang juga dianjurkan untuk berativitas di tempat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com