Kompas.com - 28/11/2018, 18:17 WIB
Ilustrasi apartemen kecil. Apartementtherappy.comIlustrasi apartemen kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati apartemen strata atau kondominium mencatat kinerja positif dalam matriks pasokan, permintaan, dan penjualan, namun dalam matriks harga justru sedikit menurun.

Menurut riset Leads Property Indonesia, penurunan harga terjadi tipis 0,61 persen secara tahunan. Ini artinya harga rata-rata apartemen strata di Jakarta berada pada angka Rp 24,05 juta per meter persegi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sementara harga rata-rata apartemen di area Central Business District (CBD) justru meningkat 0,41 persen menjadi Rp 49,88 juta per meter persegi," tutur CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono menjawab Kompas.com.

Baca juga: Menengah-Bawah, Pasar Seksi yang Paling Diburu

Peningkatan juga terjadi di area utama non-CBD sebesar 0,07 persen menjadi Rp 32,54 juta per meter persegi.

Pasokan bertambah

Dengan tambahan 537 unit yang baru diluncurkan pada kuartal III-2018, keseluruhan pasokan kumulatif apartemen di Jakarta juga tumbuh 0,73 persen.

Ilustrasi apartemenThinkstock Ilustrasi apartemen
Proporsi pasokan kumulatif sama dengan kuartal sebelumnya, di mana segmen menengah mendominasi atau 38 persen dari keseluruhan pasokan, diikuti oleh segmen menengah bawah sebanyak 31 persen.

Jakarta Selatan dan Barat masih menjadi penyumbang terbesar dengan angka 20 persen dari keseluruhan pasokan. 

Sementara permintaan kumulatif naik 1,99 persen. Melanjutkan kecenderungan pada kuartal sebelumnya.

Kelas menengah dan atas dengan diskon dan skema pembayaran fleksibel memberikan kontribusi terbesar penjualan.

"Investor telah menunjukkan minat yang berbeda, terutama di wilayah Jakarta Pusat, sebagai lokasi baru yang menguntungkan," ucap Hendra.

Adapun tingkat penjualan keseluruhan apartemen tercatat 89,39 persen, meningkat 1,10 persen. Dengan sebagian besar penjualan pada kuartal ini disumbangkan oleh segmen menengah ke atas.

Segmen ini menujukkan pertumbuhan tertinggi sepanjang tahun sebesar 5,15 persen, dengan Jakarta Pusat sebagai motornya yang mencatat pertumbuhan 3,50 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.