Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Basmalah, Jokowi Resmikan Ruas Tol Sragen-Ngawi

Kompas.com - 28/11/2018, 09:36 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SRAGEN, KOMPAS.com - Ruas Tol Sragen-Ngawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian dilakukan di Rest Area KM 538 Jalan Tol Solo-Ngawi (Ngrampal, Sragen).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, presiden tiba di lokasi sekitar pukul 08.55 WIB. Ia didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin.

"Bismillahirohmanirrohim, dengan ini saya resmikan segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer," ujar Presiden.

Baca juga: 7 Fakta Tol Solo-Ngawi yang Diresmikan Jokowi

Presiden menambahkan, dengan diresmikannya jalan tol ini maka dari Jakarta sampai Surabaya dapat tersambung.

"Yang kurang dari Pemalang ke Batang, Batang ke Semarang, Salatiga ke Solo, kemudian Wilangan ke Kertosono" ucap Presiden.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Solo-Ngawi memiliki panjang 90,43 kilometer dan terdiri dari tiga tahapan pengoperasian.

Tahap I Segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 kilometer telah beroperasi sejak 30 Maret 2018.

Sementara tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Adapun tahap III Sragen-Ngawi baru saja diresmikan Presiden.

Jalan tol ini dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi.

Kemudian akan segera dibuka tiga GT tambahan pada awal 2019 yakni GT Bandara Adi Soemarmo, GT Gondangrejo (akses arah purwodadi), serta GT Sragen Timur (Mantingan).

Dibukanya ruas tol Sragen-Ngawi yang merupakan tahap ketiga dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi akan memangkas waktu tempuh masyarakat hingga 50 persen. 

Selain itu, dengan dioperasikannya Jalan Tol Solo-Ngawi secara penuh, akan meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur. 

Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com