Reflektor Raksasa, Pantulkan Cahaya ke Jalanan Kota

Kompas.com - 27/11/2018, 21:30 WIB
Konsep alat ini bernama Helio Ray Reflectors HaberdasheryKonsep alat ini bernama Helio Ray Reflectors

KOMPAS.com - Kota-kota besar kini dihias dengan bangunan raksasa dengan ketinggian yang selalu bertambah setiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan banyak jalanan dan ruang kota yang tidak mendapat sinar matahari.

Namun alat ini hanya bekerja saat cahaya matahari tidak terhalang apa pun.Haberdashery Namun alat ini hanya bekerja saat cahaya matahari tidak terhalang apa pun.
Untuk itu studio asal London, Haberdashery membuat konsep kaca reflektor raksasa yang mampu memantulkan cahaya.

Pada gilirannya, cahaya ini dapat menyinari jalanan kota, tujuannya agar jalanan kota yang tertutupi oleh pencakar langit mendapatkan sinar matahari.

Konsep alat ini bernama Helio Ray Reflectors, yang berfungsi untuk mengalihkan cahaya ke jalanan, dan akan dipasang di puncak-puncak gedung tertinggi.

Struktur ini dirancang dengan dua buah kaca atau reflektor. Setiap kaca berfungsi untuk mengumpulkan lalu memantulkan cahaya.

Reflektor pertama pada alat ini adalah heliostat, yang berupa permukaan cermin mekanik yang secara otomatis melacak posisi matahari dan mengumpulkannya menjadi sinar terkonsentrasi.


Kemudian reflektor kedua yang terdiri dari panel lingkaran yang akan memantulkan cahaya ke arah jalanan kota.

Konsep alat ini bernama Helio Ray Reflectors, yang berfungsi untuk mengalihkan cahaya ke jalananHaberdashery Konsep alat ini bernama Helio Ray Reflectors, yang berfungsi untuk mengalihkan cahaya ke jalanan
Namun alat ini hanya bekerja saat cahaya matahari tidak terhalang apa pun. Jika matahari terhalang oleh awan maupun objek lain, maka spektrum cahaya yang dipantulkan juga menyesuaikan kondisi.

Meski masih berupa konsep, namun pihak Haberdashery mengatakan desain kaca reflektor ini dirancang dengan pengetahuan dan perhitungan yang cukup.

"Sinar matahari memiliki dampak pada psikologis serta kesehatan," ujar Creative director Haberdashery, Ben Rigby.

Struktur ini dirancang dengan dua buah kaca atau reflektor. Haberdashery Struktur ini dirancang dengan dua buah kaca atau reflektor.
Rigby menambahkan, sinar matahari memberikan penerangan sekaligus memberikan warna pada alam, lingkugan, dan arsitektur.

"Ambisi kami adalah membuat titik fokus menggunakan sinar matahari, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali area yang sebelumnya disinari," imbuh dia.

The Helios Ray merupakan satu dari beberapa konsep penerangan yang ditawarkan oleh studio ini.

Selain kaca reflektor, studio ini juga pernah merancang lampu dengan cahaya fajar dan senja yang dapat dikendalikan.

Lampu ini memancarkan cahaya layaknya sinar matahari pada saat fajar ataupun senja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X