Kompas.com - 24/11/2018, 22:01 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Pengadaan material menjadi salah satu kendala dalam pembangunan Bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Material itu berupa batu yang ditimbun di atas tanah sebagai dasar bendungan. Selama ini material batu diperoleh dari bukit di sekitar Gunung Geblegan, Lebak, di dekat lokasi proyek bendungan.

Oleh karena itu, untuk mempercepat konstruksi bendungan tersebut, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR berupaya menambah persediaan batu.

"Kendalanya adalah persediaan material timbunan, batu besar sebagai bahan inti.  Kami percepat karena sekarang blasting 2 atau 3 hari sekali. Kami pacu supaya tiap hari," kata Dirjen SDA Kementerian PUPR Hari Suprayogi saat berkunjung ke lokasi Bendungan Karian di Lebak, Banten, Sabtu (24/11/2018).

Baca juga: Butuh Rp 2 Triliun, Bangun Bendungan Karian 1.740 Hektar

Gunung Geblegan berlokasi sekitar 19 kilometer dari Bendungan Karian. Ada bukit yang sudah dibebaskan untuk material batu. Selain itu, material tersebut juga dicari ke daerah Serang dan Cibaliung. 

Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA Ni Made Sumiarsih menambahkan, penyediaan material batu merupakan masalah penting dalam pembangunan Bendungan Karian.

Pasalnya, tanah di bukit dekat Gunung Geblegan sebagai tempat pengambilan batu itu dimiliki oleh tokoh masyarakat setempat.

Pihaknya perlu bernegosiasi agar diizinkan mengambil batu dari bukit tersebut.

"Isu yang krusial di sini soal material. Kalau batu diambil dari bukit, itu ada yang punya. Jadi harus nego dengan pemiliknya," ujar Ni Made.

Menurut dia, selama ini pihaknya mendapat suplai batu sekitar 1.000 meter kubik per hari.
Ke depannya jumlah itu perlu ditambah agar pembangunan bendungan bisa diteruskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.