Ciputra Gandeng Ascott Operasikan Citadines Sudirman Jakarta - Kompas.com

Ciputra Gandeng Ascott Operasikan Citadines Sudirman Jakarta

Kompas.com - 19/11/2018, 14:42 WIB
The Ascott Limited dan Ciputra Group menandatangani kerja sama pengelolaan apartemen servis Citadines Sudirman Jakarta, Senin (19/11/2018).Hilda B Alexander/Kompas.com The Ascott Limited dan Ciputra Group menandatangani kerja sama pengelolaan apartemen servis Citadines Sudirman Jakarta, Senin (19/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Ciputra Development Tbk menggandeng The Ascott Limited untuk mengoperasikan apatemen servis dengan brand Citadines Sudirman Jakarta, di kompleks pengembangan superblok Ciputra World 2 Jakarta. 

Pendandatanganan kesepakatan operasional itu dilakukan pada Senin (19/11/2018) oleh Chief Executive Officer Ascott Kevin Goh dan Direktur PT Ciputra Development Tbk Artadinata Djangkar.

Arta menuturkan, digandengnya Ascott karena kinerja mereka secara global merupakan yang terbaik untuk mengelola fasilitas hospitalitas dan akomodasi. 

Baca juga: Optimistis Pasar Bangkit, Ciputra Lansir Proyek Rp 1,2 Triliun

"Selain itu, kami sudah menjalin kolaborasi sejak 22 tahun lalu, saat mereka mengakuisisi dan mengelola Sommerset Grand Citra Jakarta, dan kemudian mengakuisisi Ascott Kuningan di Ciputra World 1 Jakarta 2014," tutur Arta menjawab Kompas.com.

Oleh karena itu, lanjut Arta, Ciputra yakin, untuk pengelolaan apartemen servis Ciputra World 2 Jakarta ini, Ascott juga merupakan pilihan terbaik. 

Mereka mampu menunjukkan manajemen apartemen servis, dan proeprti hospitalitas serta akomodasi yang handal.

Arta mengaku, gedung tinggi atau high rise building merupakan pengembangan yang padat modal. Untuk menyiasati hal tersebut, aliansi strategis merupakan salah satu opsi terbaik.

"Ini juga untuk menyeimbangkan capital dan equity loan, selain memperkuat branding superblok kami," imbuh Arta.

Sementara itu, Kevin Goh menambahkan, kerja sama dengan Ciputra merupakan upaya mengakselerasi pertumbuhan The Ascott Limited di Indonesia, khususnya Jakarta.

Saat ini, mereka telah memiliki portofolio 130 apartemen servis dan hotel dengan 22.000 unit di 39 kota Indonesia.

"Kami akan terus melanjutkan kerja sama dengan mitra strategis tak hanya untuk pasar yang mereka kuasai saat ini, melainkan juga untuk merealisasikan pencapaian di dunia internasional," ujar Kevin.

Kinerja properti-properti yang dimiliki dan dikelola oleh Ascott di Jakarta maupun kota-kota lain secara umum sekitar 80 persen dalam matriks tingkat okupansi.

Namun, untuk tahun pertama operasional Citadines Sudirman Jakarta dan juga Ascott Sudirman Jakarta yang secara resmi baru dibuka hari ini sekitar 50 persen.

"Ini tergantung pasar dan permintaan juga," imbuh Kevin.

Ascott sendiri mengakuisisi Ascott Sudirman Jakarta pada 2017 dengan nilai 74,3 juta dollar AS.

Sementara Citadines Sudirman Jakarta dimiliki Diener Syz Real Estate bersama Ciputra Development dengan kepemilikan masing-masing 75 persen dan 25 persen.

Mencakup 253 unit apartemen servis, Citadines Sudirman Jakarta akan dibuka untuk umum pada 2021 mendatang.

Ke depan, Ascott akan mengoperasikan 9 properti yang mencakup 1.600 unit apartemen servis termasuk di Somerset Asia Afrika Bandung, dan Citadines Kings Bandung.

"Kami juga telah menandatangani kesepakatan pengelolaan untuk 9 properti lainnya dengan Tauzia," terang Regional General Manager Ascott Singapura, Indonesia, dan Malaysia Ervin Yeo.



Close Ads X