Amankan Rumah Pintar Anda... - Kompas.com

Amankan Rumah Pintar Anda...

Kompas.com - 18/11/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi.www.shutterstock.com Ilustrasi.

KOMPAS.com - Memiliki rumah pintar tentu menjadi impian semua orang. Sebab, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dapat dikendalikan dengan mudah.

Bahkan, beberapa peralatan rumah tangga telah terpasang fitur pengontrol yang cukup dikendalikan lewat suara atau dari jarak jauh lewat gawai pintar Anda.

Namun, rumah pintar bukan berarti tanpa celah keamanan. Karena terkoneksi dengan jaringan internet, rumah semacam ini justru rentan dengan serangan hacker atau peretas yang ingin mencuri identitas Anda.

Lantas, bagaiman cara mengamankan rumah pintar Anda?

1. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap peralatan

Seorang peretas berpengalaman tentu dapat dengan mudah mencari tahu setiap kata sandi pada perangkat pintar yang Anda miliki.

Karena itu salah satu cara untuk menyulitkannya yakni dengan cara mengatur kunci keamanan yang berbeda-beda untuk setiap alat.

Selain itu, jangan biarkan Anda tetap mempertahankan nama pengguna dan sandi default yang dipasang pabrikan. Sebab, hal itu menjadi salah satu celah keamanan yang paling mudah untuk diretas.

2. Amankan jaringan Wifi

Jaringan wifi dan router juga harus mendapatkan perlindungan dari segala jenis potensi ancaman dari luar.

Anda bisa bekerja sama dengan penyedia jasa internet untuk menyediakan akun dan password tertentu, bila ada tamu yang ingin mengakses jaringan internet di rumah.

Dengan demikian, bila ada pihak-pihak yang mencoba meretas sistem Anda, dapat segera diketahui.

3. Ingat, rumah pintar tak hanya terhubung dengan Anda, tetapi juga memantau Anda setiap saat

Setiap perangkat pintar pasti akan meminta data diri Anda untuk terhubung dengan database mereka. Sadarilah seberapa amankah data diri yang Anda berikan itu terjaga privasinya.

Anda memang berharap agar semua perangkat di rumah dapat terawasi dengan kan? Tetapi, apakah Anda juga ingin perangkat yang dimiliki mengawasi Anda?

Bijaklah dalam memberikan data diri.



Close Ads X