Amankan Rumah Pintar Anda...

Kompas.com - 18/11/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

KOMPAS.com - Memiliki rumah pintar tentu menjadi impian semua orang. Sebab, segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dapat dikendalikan dengan mudah.

Bahkan, beberapa peralatan rumah tangga telah terpasang fitur pengontrol yang cukup dikendalikan lewat suara atau dari jarak jauh lewat gawai pintar Anda.

Namun, rumah pintar bukan berarti tanpa celah keamanan. Karena terkoneksi dengan jaringan internet, rumah semacam ini justru rentan dengan serangan hacker atau peretas yang ingin mencuri identitas Anda.

Lantas, bagaiman cara mengamankan rumah pintar Anda?

1. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap peralatan

Seorang peretas berpengalaman tentu dapat dengan mudah mencari tahu setiap kata sandi pada perangkat pintar yang Anda miliki.

Karena itu salah satu cara untuk menyulitkannya yakni dengan cara mengatur kunci keamanan yang berbeda-beda untuk setiap alat.

Selain itu, jangan biarkan Anda tetap mempertahankan nama pengguna dan sandi default yang dipasang pabrikan. Sebab, hal itu menjadi salah satu celah keamanan yang paling mudah untuk diretas.

2. Amankan jaringan Wifi

Jaringan wifi dan router juga harus mendapatkan perlindungan dari segala jenis potensi ancaman dari luar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Houzz.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X