Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Pilpres, Citinine Siapkan 3 Proyek Rp 1 Triliun

Kompas.com - 17/11/2018, 21:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Masih belum pulihnya bisnis properti tak menjadikan pengembang Surabaya patah arang dan berdiam diri. Mereka justru tetap bergerak dan terus aktif memproduksi proyek-proyek baru.

Satu di antaranya adalah Citinine Development yang memiliki spesialisasi pengembangan properti komersial.

Menurut Komisaris Citinine Development Oei Soesanto, sejak didirikan pada 2011 silam, perusahaannya rajin mencari inovasi baru untuk kemudian secara jeli diimplementasikan di ceruk pasar yang tidak dimasuki pengembang lainnya.

"Kami mengisi kekosongan ceruk pasar properti komersial seperti rukos atau rumah kos, pergudangan modern untuk kebutuhan pendukung aktivitas pelabuhan, serta hunian untuk kebutuhan aktivitas bandara," terang Soesanto dalam perbincangan khusus dengan Kompas.com, Kamis (16/11/2018).

Dengan kekuatan "mencium" peluang inilah, kata Soesanto, Citinine tetap optimistis menghadapi bisnis properti dalam kondisi apa pun. 

Baca juga: Pasar Properti Surabaya Tak Pernah Surut

"Ini hanya masalah momentum. Sekarang kan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) jadi stagnan. Setelah ini berakhir, saya yakin properti akan meningkat luas biasa," imbuh Soesanto.

Oleh karena itu, Citinine tetap mempersiapkan sejumlah proyek anyar untuk mengantisipasi kebangkitan properti tahun 2019 mendatang.

Direktur Citinine Development Stefanus Budihardja menambahkan, persiapan sejumlah proyek tersebut dilakukan mulai dari merancang desain proyek, hingga mencetak gambar dan brosur pemasaran.

"Kami siapkan pada awal-awal seperti ini. Jadi, begitu booming, kami tidak ketinggalan. Tinggal eksekusi," sebut Stefanus.

Soesanto menjelaskan, tahun depan ada delapan proyek. Tiga di antaranya segera direalisasikan begitu Pilpres usai dengan estimasi nilai investasi sebesar Rp 1 triliun.

Ketiga proyek tersebut adalah Citinine Emporium World di Sidoarjo, Rukos di Gresik, dan Harbour Nine yang juga berada di kawasan Tanjung Perak 

Citinine Emporium World Gresik.Dokumentasi Citinine Development Citinine Emporium World Gresik.
Citinine Emporium World akan terdiri dari tiga menara apartemen dengan total 1.400 unit, yang dilengkapi 50 ruko komersial.

Patokan harga yang dibanderol untuk apartemen Citinine Emporium World mulai dari Rp 300 jutaan hingga Rp 1 miliar.

"Apartemen ini ditujukan untuk investasi dengan pasar captive ekspatriat dan karyawan Petrokimia Gresik," sebut Stefanus.

Proyek kedua adalah Rukos yang dirancang dengan konsep rumah kos dan kantor atau rukos dalam bangunan dua lantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com