Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Logung Mulai Diairi Akhir November

Kompas.com - 16/11/2018, 14:38 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah siap untuk diisi air atau impounding. Pasalnya bendungan yang mulai dibangun pada 2015 lalu itu, telah rampung sejak Agustus 2018 lalu.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno mengatakan, impounding rencananya akan dilaksanakan pada akhir November 2018.

Sebelumnya, inspeksi lapangan oleh tim Komisi Keamanan Bendungan dan Balai Bendungan juga telah berjalan.

"Saat ini sertifikasi impounding sedang berjalan dan siap untuk diresmikan/impounding pada 29 November 2018," kata Rubhan dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11/2018).

Saat musim hujan seperti sekarang, Bendungan Logung akan difungsikan sebagai waduk tadah hujan dan pengendali debit air.

Sementara saat musim kemarau, bendungan ini akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat di wilayah Kudus dan sekitarnya. Baik itu untuk irigasi maupun pemenuhan kebutuhan air baku masyarakat dan industri.

Kapasitas air baku yang dapat dialirkan mencapai 200 liter/detik bagi 130.909 jiwa yang tinggal di Kota Kudus dan sekitarnya, mengurangi banjir hingga 30 persen, dan pembangkit listrik mikro hidro sebesar 0,5 megawatt.

Bendungan senilai Rp 604 miliar yang berada di perbatasan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo dan Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe juga menyimpan potensi sebagai destinasi wisata baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com