Kompas.com - 15/11/2018, 23:00 WIB
Makoko Floating School NLÉ ArchitectsMakoko Floating School

KOMPAS.com - Makoko Floating School atau Sekolah terapung Makoko merupakan konstruksi gedung yang dirancang untuk menjawab tantangan urbanisasi dan perubahan iklim.

Proyek ini dirancang oleh Kunle Adeyemi dari NLÉ Architects khusus untuk gelaran Venice Biennale.

Desain sekolah terapung ini merupakan rancangan ketiga yang diberi nama MFS IIIx3. Dua desain bangunan lainnya dirancang di Venice, Italia dan di Kota Bruges, Belgia.

Baca juga: Bangunan Terapung Bakal Jadi Tren

Salah satu instalasi sekolah yang telah dibangun adalah di atas perairan Danau Chengdu, di Provinsi Sichuan.

Danau ini terbentuk karena adanya sistem pengairan kuno yang dibangun pada tahun 256 Sebelum Masehi atau telah berusia lebih 2.200 tahun lamanya.

Makoko Floating School NLÉ Architects Makoko Floating School
Keberadaan danau ini mampu membuat wilayah Chengdu bebas dari banjir sekaligus menjadi daerah perkotaan dan pertanian yang paling subur di China.

Hal ini secara tidak langsung berdampak pada ekonomi di wilayah Chengdu. Kota ini termasuk salah satu tempat yang paling berkembang di China. 

Desain MFS IIIx3 terdiri dari tiga buah struktur terapung dengan ukuran yang berbeda, dari kecil, menengah, hingga ukuran besar. Setiap bangunan dirancang dengan fungsi yang berbeda.

Makoko Floating School NLÉ Architects Makoko Floating School
Ketiga bangunan tersebut dibangun di antara sebuah plaza yang difungsikan sebagai area bersama.

Rancangan bangunan ini tak hanya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perubahan iklim namun juga bertujuan untuk mendukug dan meningkatkan nilai-nilai sosial dalam masyarakat. 

Area ini juga dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan, konser, ruang pameran, pusat informasi dan lain sebagainya.

Bangunannya sendiri terbuat dari bahan kayu dan bambu lokal. Di tempat ini, pengunjung dapat mempelajari berbagai macam hal, mulai dari seni, ekologi, dan teknologi air. 



Sumber designboom
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X