Ini Alasan Milenial Belum Mau Punya Rumah - Kompas.com

Ini Alasan Milenial Belum Mau Punya Rumah

Kompas.com - 15/11/2018, 12:40 WIB
General Manager Sales Rumah123 Maria Manik.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA General Manager Sales Rumah123 Maria Manik.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai faktor memengaruhi pemikiran generasi muda zaman sekarang, atau yang dikenal dengan milenial, menunda untuk membeli hunian.

Setelah memiliki penghasilan sendiri dan tidak lagi tinggal bersama orang tua, sebagian besar dari mereka cenderung memilih untuk menyewa rumah, apartemen, atau rumah susun sebagai tempat tinggal.

Menurut General Manager Sales Rumah123 Maria Manik, faktor pertama yang membuat milenial menunda membeli rumah karena belum mendapatkan lokasi dan spesifikasi hunian yang sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Rumah Tidak Masuk Daftar Prioritas Generasi Milenial

Kedua, mereka juga menunggu pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi hunian yang diincar, misalnya akses jalan, angkutan umum, dan pusat perbelanjaan, yang membuat hidup lebih praktis.

“Ada generasi milenial yang mau beli rumah, tapi ada juga yang menunda dulu karena menunggu infrastruktur dibangun,” ujar Maria saat ditemui di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Faktor ketiga yakni menyangkut kondisi politik. Menjelang Pilpres 2019, banyak orang yang menunggu hasil dari perhelatan akbar itu, termasuk kaum milenial.

Mereka ingin mengetahui siapa capres dan cawapres yang menjadi pemenang serta bagaimana nantinya kebijakan yang akan dikeluarkan.

“Faktor politik juga menentukan. Kalau pemimpinnya ganti, apa pembangunan masih tetap seperti ini,” imbuh Maria.



Close Ads X