Trik Meredam Panas di Rumah Tanpa "AC" - Kompas.com

Trik Meredam Panas di Rumah Tanpa "AC"

Kompas.com - 11/11/2018, 22:50 WIB
Ilustrasi interior rumahin4mal Ilustrasi interior rumah

KOMPAS.com - Kondisi Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa membuat negara ini diberkahi dengan melimpahnya sinar matahari sepanjang tahun.

Namun di sisi lain, sinar matahari yang terlalu menyengat dapat menaikkan suhu khususnya di dalam ruangan.

Hal ini kemudian membuat banyak orang memasang alat pendingin udara atau air conditioner ( AC) supaya ruangan lebih nyaman.

Namun menggunakan AC juga membuat tagihan listrik kian melonjak. Untuk itu, bagi Anda yang tetap ingin menjaga suhu di dalam rumah tetap rendah tanpa menggunakan AC, berikut tipsnya:

Halau sinar matahari dari jendela

Salah satu cara agar rumah tetap sejuk di siang hari adalah dengan menghalau cahaya masuk melalui jendela.

Jika jendela rumah Anda menghadap langsung ke arah datangnya sinar matahari, maka Anda dapat menempatkan daun jendela, tirai, dan kerai dari rotan atau bambu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kaca film untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk melalui jendela. Penambahan kaca film mampu membuat rumah menjadi lebih "adem".

Lebih lanjut, dengan kaca film, efek sinar matahari akan berkurang, dan tidak akan membuat ruangan serta merta menjadi lebih gelap.

Menampatkan tanaman

Jika Anda tidak ingin mengubah eksterior maupun interior rumah dengan menambah berbagai benda, Anda bis amenempatkan beberapa jenis tanaman di dekat jendela.

Penempatan tanaman yang sesuai dapat menghalau sinar matahari masuk.

Interior rumah Interior rumah

Gunakan es dan kipas angin

Sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi panas di dalam ruangan. Dibanding menggunakan pendingin ruangan, ada baiknya ada menggunakan kipas angin di dekat jendela untuk mengeluarkan udara panas dari dalam rumah.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menempatkan sebongkah es di depan kipas angin.

Es ini akan membantu mendinginkan udara saat panas tanpa harus menyalakan pendingin udara.

Kurangi penggunaan barang penyebab panas

Untuk mengurangi panas di sian hari, kurangi penggunaan perlengkapan yang dapat menyebabkan panas. Seperti membuka kulkas terlalu sering atau menggunakan hair dryer saat siang hari.



Close Ads X