Sebagian Ruas Tol Pemalang-Batang Juga Diresmikan Presiden Hari Ini

Kompas.com - 09/11/2018, 10:55 WIB
Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo tidak hanya meresmikan Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang, tetapi juga dijadwalkan meresmikan sebagian ruas Tol Pemalang-Batang.

Adapun ruas yang akan diresmikan yaitu Segmen Sewaka-Simpang Susun (SS) Pemalang sepanjang 5,4 kilometer. Segmen ini merupakan bagian dari Seksi 1 SS Pemalang-SS Pekalongan.

"Peresmiannya bareng, hari ini dua seksi satu segmen. Dua seksi di Pejagan-Pemalang, satu segmen di Pemalang-Batang," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada Kompas.com, Jumat (9/11/2018).

Sama halnya Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang juga dioperasikan PT Waskita Toll Road melalui anak usaha mereka PT Pemalang Batang Toll Road.

Tol Pemalang-Batang dirancang sepanjang 39,2 kilometer dan terdiri atas dua seksi. Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer.

Baca juga: Tol Pemalang-Batang Peroleh Tambahan Kredit Rp 2,03 Triliun

Menurut Endra, untuk kedua seksi tersebut saat ini masih dalam tahap konstruksi. Namun, ditargetkan keduanya dapat diresmikan dalam waktu dekat.

"(Kemungkinan) minggu kedua Desember 2018," ucap dia.

Untuk diketahui, biaya pembangunan Tol Pemalang-Batang mencapai Rp 7,5 triliun. Saat ini pekerjaan fisiknya telah mencapai 96,53 persen, sedangkan pembebasan lahan telah mencapai 99,21 persen.




Close Ads X