Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Pasar Ikan, Calon Tengara Baru Sydney

Kompas.com - 09/11/2018, 09:45 WIB
Dani Prabowo,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika terlintas kata pasar ikan? Tempat yang becek dan kumuh, bau amis, atau apa lagi?

Baru-baru ini, arsitek 3XN merilis desain baru untuk Pasar Ikan Sydney, Australia. Proyek yang semestinya mulai dibangun pada 2017 itu akan menjadi tengara untuk kota tersebut.

Pasar tersebut juga akan menjadi tempat untuk membangun hubungan yang lebih harmonis antara masyarakat dengan tepi Teluk Blackwattle.

Dalam menggarap proyek ini, 3XN bekerja sama dengan arsitek lokal, yaitu BVN, GXN Innovation, dan Landscape Architect Aspect Studios. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang pasar ikan tersebut.

"Bangunan ini akan berfungsi untuk banyak hal, mulai dari memberikan kemudahan bagi kota, destinasi kebudayaan, penghubung kota, hingga ikon yang menginspirasi sepanjang Pelabuhan Sydney yang terkenal di dunia," ungkap Founding Partner 3XN, Kim Herforth Nielsen.

Lewat proyek ini pula, pasar ikan yang lama akan direlokasi menjadi sebuah bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar di ujung Teluk Blackwattle.

Baca juga: Crazy Rich Indonesians Belanja Properti di Singapura hingga Sydney

Pasar Ikan SydneyDesignboom Pasar Ikan Sydney

Secara garis besar, desain yang baru akan memanfaatkan peluang untuk menghubungkan antara teluk dengan ruang terbuka hijau yang signifikan dari Taman Goworth di sebelah selatan, serta memberikan lanskap kota yang lebih luas.

Terinspirasi dari tipologi pasar tradisional, skema yang diaplikasikan pada desain tetap mempertahankan keintiman dan fleksibilitas dari warung-warung terbuka yang bersatu di bawah kanopi tunggal yang menyatu.

Tim arsitek juga berupaya mempertahankan koneksi visual antara area publik dengan dermaga.

Adapun lantai dasar akan berfungsi sebagaimana mestinya sebuah pasar ikan, yaitu tempat menurunkan hasil tangkapan serta mengangkut ikan ke atas kapal, pasar grosir, serta tempat pelelangan.

Pasar Ikan SydneyDesignboom Pasar Ikan Sydney

Nielsen mengatakan, keberlangsungan lingkungan dan sosial adalah bagian penting yang tak dapat dipisahkan.

"Bentuk atap merupakan contoh dari persatuan nilai-nilai tersebut. Kemudahan publik dan kelestarian lingkungan menjadi inti dari proses pengambilan keputusan kami," ucap dia.

Pasar ini diharapkan mulai dibangun tahun depan dan dapat dibuka pada 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com