Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mengubah Dapur? Ini Cara yang Sesuai dengan Anggaran

Kompas.com - 07/11/2018, 18:15 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan penting di rumah karena di situlah berbagai kebutuhan makanan dan minuman diolah untuk disajikan.

Sering kali orang menganggap kurang pentingnya pemeliharaan dapur. Padahal, jika penghuni rumah bisa mengatur desain dapur menjadi lebih bergaya dan tetap sesuai fungsinya, dijamin orang seisi rumah akan betah berlama-lama di sana. 

Bicara soal desain dapur, Anda bisa mengubah rancangannya sesuai selera, kebutuhan, dan fungsi peralatan yang digunakan.

Perubahan itu pun dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Keterbatasan anggaran yang tersedia akan menantang kreativitas Anda untuk melakukan perubahan secara efektif dan efisien.

Sebaliknya, bila Anda memiliki anggaran yang berlebih, akan bisa lebih leluasa mengubah rancangan dan penataan perabotan agar tampak sedap dipandang.

Berikut ini cara untuk mengatur desain dapur sesuai kondisi keuangan Anda:

1. Dana sekitar Rp 1 juta

Cat baru di dapur.Matthew Bolt Graphic Design Cat baru di dapur.
Mengubah warna dinding. Prioritaskan mengganti warna cat dinding yang kelihatan mendominasi ruangan dapur. Apabila masih ada uang lebih, gunakan untuk membeli cat tambahan guna melapisi dan menghias dinding lain di dapur.

Biasanya antara lemari makan dan peralatan dapur hanya tersedia jarak yang sedikit. Itu berarti tidak membutuhkan banyak cat untuk melapisi dinding di belakangnya.

Jika Anda mengecat sendiri, perhitungkan kira-kira berapa banyak kaleng cat yang dibutuhkan. Misalnya, beli satu galon cat terlebih dahulu. Jika kurang, Anda bisa membelinya lagi untuk menyempurnakan seluruh cat di dinding dapur.

2. Dana Rp 1 juta – Rp 5 juta

Pencahayaan di dapur.Peter Lyons Photography Pencahayaan di dapur.

Mengubah warna dinding, menambah dekorasi bernilai seni, dan mengganti lampu. Salah satu perubahan di dapur bisa dilakukan dengan mengatur pencahayaan yang membuat perbedaan di dinding.

Dapur akan terlihat lebih indah dengan pencahayaan yang bisa dilakukan sesuai anggaran yang tersedia. Anda tidak perlu melakukan banyak perombakan untuk mendapatkan tampilan yang sedang menjadi tren.

Jika Anda masih memiliki sisa anggaran, cobalah mengganti semua lampu di dapur dengan membeli lampu gantung yang akan membuat suasana terasa lebih mewah.

3. Dana Rp 5 juta – Rp 10 juta

Rak terbuka di dapur.Standard Kitchen and Bath Rak terbuka di dapur.
Menambah rak terbuka. Ada orang yang menyukai rak terbuka, tetapi ada pula yang tidak. Namun, yang perlu diingat bahwa kehadiran rak tersebut memiliki kegunaan tersendiri.

Bahkan, dari segi ukuran, mengganti satu lemari kecil dengan satu set rak terbuka dapat membuat dapur Anda terasa lebih luas. Selain itu, memberi ruang untuk menampilkan barang pajangan dan menyuguhkan hidangan favorit.

4. Dana Rp 10 juta – Rp 15 juta

Keran di dapur.Sustainable Kitchen Keran di dapur.

Setelah cat baru, dekorasi bernilai seni, pencahayaan, dan rak terbuka, pertimbangkan untuk mengganti keran baru.

Mengganti keran dapur terasa lebih mudah dan murah daripada harus mengganti satu set wastafel untuk mencuci piring. Anda pun bisa memilih desain keran yang sesuai selera dan melakukannya sendiri.

5. Dana Rp 15 juta – Rp 20 juta

Wastafel di dapur.Studio McGee Wastafel di dapur.
Jika Anda masih memiliki anggaran yang berlebih, gunakan dana itu untuk membeli satu set wastafel baru.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda memasang wastafel baru yang bentuk dan desainnya berbeda dari yang lama, Anda harus memperhitungkan biaya dan teknis pemasangan sesuai ukuran dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com