Berita Populer: Peresmian Tol Pejagan-Pemalang dan Program DP 0 Rupiah - Kompas.com

Berita Populer: Peresmian Tol Pejagan-Pemalang dan Program DP 0 Rupiah

Kompas.com - 07/11/2018, 11:12 WIB
Kendaraan melintas di Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas di Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai rencana peresmian Tol Pejagan-Pemalang pada minggu ini menjadi berita populer di kanal Properti Kompas.com sepanjang Selasa (6/11/2018).

Berita lain yang juga banyak dibaca yaitu tentang perbandingan antara program hunian DP 0 rupiah yang diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan program DP 1 persen oleh Presiden Joko Widodo. 

Berikut ini daftar berita populer selengkapnya:

1. Presiden resmikan Tol Pejagan-Pemalang pekan ini

Rencana peresmian Tol Pejagan-Pemalang kembali menemui titik terang. Sebelumnya sempat tertunda lantaran kesibukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini, rencana tersebut akan terealisasi dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan minggu ini Pejagan-Pemalang (diresmikan)," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di kantornya, Senin (5/11/2018).

Peresmian Seksi 3 dan 4 tol tersebut yang terbentang dari Brebes Timur-Pemalang sedianya dilaksanakan pada 19 Oktober lalu.

Berita selengkapnya: Pekan Ini, Presiden Resmikan Tol Pejagan-Pemalang

2. Perbandingan cicilan program DP 0 rupiah Anies dan DP 1 persen Jokowi 

Proyek Rusunami Klapa VillageKompas.com/DANI PRABOWO Proyek Rusunami Klapa Village

Cicilan program hunian DP 0 rupiah atau Solusi Rumah Warga (Samawa) Klapa Village yang dibesut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diklaim lebih terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Hal itu bila dibandingkan dengan program hunian DP 1 persen yang diluncurkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pada 27 April 2017.

Namun, benarkah demikian?

Berita selengkapnyaMembandingkan Cicilan Program DP 0 Anies dan DP 1 Persen Jokowi

3. DKI klaim cicilan DP 0 rupiah lebih murah dari program Jokowi 

Rumah DP 0 rupiah, Klapa Village, Jaktim, Senin (8/10/2018)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Rumah DP 0 rupiah, Klapa Village, Jaktim, Senin (8/10/2018)

Peminat rumah susun sederhana milik (rusunami) pada program hunian DP Rp 0 yang digagas Pemprov DKI akan dikenakan bunga 2,5 persen bila memanfaatkan fasilitas pinjaman uang muka atau down payment (DP).

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan, besaran uang muka yang dipinjamkan maksimum 20 persen dari harga hunian.

Bagaimana contoh skemanya?

Berita selengkapnya: DKI Klaim Cicilan DP 0 Rupiah Lebih Murah dari Program Jokowi

4. Buntut kasus Khashoggi, megaproyek Saudi terancam terganggu 

Hingga November, sejumlah 4.700 proyek konstruksi sedang dikerjakan. wajedram/Shutterstock Hingga November, sejumlah 4.700 proyek konstruksi sedang dikerjakan.

Sejumlah megaproyek yang menjadi bagian dari rencana Vision 2030 dan dipelopori oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman, terancam terganggu.

Hal ini akibat imbas dari mencuatnya kasus pembunuhan kolumnis The New York Times, Jamal Khashoggi. Hingga November, sejumlah 4.700 proyek konstruksi sedang dikerjakan. Keseluruhan proyek ini menghabiskan dana hingga 852 miliar dollar AS.

Proyek apa sajakah itu?

 

Berita selengkapnyaBuntut Kasus Khashoggi, Megaproyek Saudi Terancam Terganggu

 

5. Kementerian PUPR genjot pembebasan lahan akses Patimban 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek jalan akses ke Pelabuhan Patimban, Selasa (6/11/2018) di Subang, Jawa Barat.Kompas.com / Erwin Hutapea Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek jalan akses ke Pelabuhan Patimban, Selasa (6/11/2018) di Subang, Jawa Barat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang membangun jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Jalan yang menghubungkan antara jalur pantura dan Pelabuhan Patimban itu secara keseluruhan dirancang sepanjang 8,2 kilometer.

Pengerjaannya dimulai pada Agustus 2018 dan hingga saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan. Bagaimana kondisi terkininya?

Berita selengkapnya: Kementerian PUPR Genjot Pembebasan Lahan Akses Patimban

 



Close Ads X