Bangunan Terberat Dunia Ada di Rumania

Kompas.com - 06/11/2018, 09:00 WIB
Palace of Parliament, Rumania Bricot ValentinPalace of Parliament, Rumania

KOMPAS.com - Bukan Burj Khalifa, bukan pula Shanghai Tower yang menjulang. Bangunan terberat di dunia ternyata ada di Rumania, tepatnya gedung Palace of Parliament atau Istana Parlemen di Bucharest, Rumania.

Gedung ini terinspirasi dari pembangunan di Pyongyang, ketika penguasa Rumania saat itu, Nicolae Ceausescu, berkunjung ke negeri komunis ini.

Kala itu, Ceausescu terkesan dengan pembangunan di Korea Utara. Dia pun kemudian memiliki keinginan untuk membangun gedung serupa di Rumania.

Akhirnya rencana tersebut terlaksana pada masa-masa akhir pemerintahan, tepatnya pada 1984. Namun sayang, hingga kematian Nicolae, istana ini belum selesai dibangun.

Gedung ini dirancang oleh 700 orang arsitek dan selesai setelah 13 tahun pembangunan atau pada 1997.

Istana ini berdiri setinggi 86 meter dengan 12 lantai. Sedangkan panjang dan lebar istana mencapai 240 meter dan 270 meter.

Secara keseluruhan total biaya yang dihabiskan untuk membuat proyek ambisius ini mencapai 3 miliar Euro.

Bangunan terberat di dunia

Melansir situs Guiness World of Records, berat gedung ini lebih dari 4 miliar kilogram, karena dibangun dari kombinasi 700.000 ton baja dan perunggu yang dikombinasikan dengan 1 juta meter kubik marmer.

Angka-angka lain juga tak kalah luar biasa. Mengutip The Telegraph, sebanyak 3.500 ton kaca kristal serta 900.000 meter kubik kayu juga digunakan untuk membangun istana ini.

Selain itu, sebanyak 700.000 ton baja dan perunggu digunakan sebagai material pintu dan jendela istana.

Palace of ParliamentPIXABAY/hpgruesen Palace of Parliament
Seluruh area istana berdiri di atas lahan seluas 365.000 meter persegi. Luas lahan ini bahkan hanya kalah dari Pentagon. Volume bangunannya sendiri mencapai 2,55 juta meter persegi.

Hal lain yang mencengangkan, pembangunannya melibatkan 100.000 orang. Bahkan selama proses konstruksi, diperkirakan ada ratusan orang yang meninggal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X