Lakukan 5 Hal Ini, Kasur Anda Dijamin Bebas Penyakit - Kompas.com

Lakukan 5 Hal Ini, Kasur Anda Dijamin Bebas Penyakit

Kompas.com - 04/11/2018, 19:13 WIB
Kamar family dengan tiga kasur di Best Western Senaran, Jumat (6/7/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kamar family dengan tiga kasur di Best Western Senaran, Jumat (6/7/2018).

KOMPAS.com - Percaya atau tidak, sebagian besar waktu kita di rumah akan habis di kamar tidur. Paling tidak, bila Anda penganut kehidupan normal, maka Anda akan tidur 7-8 jam sehari di kamar, bukan?

Tak heran bila kamar tidur menjadi salah satu lokasi penunjang kesehatan tubuh Anda. Jika kamar tidur kotor, berdebu, dan pengap, bagaimana Anda bisa berharap kualitas kesehatan terjamin?

Tak jarang dari kita akan merasa pusing atau hidung tersumbat setelah bangun tidur. Apakah Anda sering 'menyalahkan bantal' bila itu terjadi?

Cobalah untuk mengkoreksi hal berikut untuk memastikan kualitas kesehatan Anda lebih terjamin:

1. Mulailah dengan hal-hal dasar

Cobalah untuk menengok bagian bawah kasur Anda. Apakah tempat tersebut cukup bersih? Sangat mudah bagi kita untuk lupa menyapu bagian bawah kasur.

Padahal, pembersihan secara berkala itu sangat diperlukan.

2. Gunakan seprai yang tepat

Apa bahan dasar seprai Anda? Sebagai pertimbangan, gunakan kain berbahan dasar katun organik.

Lalu, berapa kali Anda mengganti seprai tersebut? Idealnya, seprai diganti seminggu sekali.

Cobalah lakukan kedua hal ini dan rasakan perbedaannya dibandingkan dengan kebiasaan Anda selama ini.

3. Coba cari tahu isi bantal Anda

Jika Anda hobi tidur tengkurap, itu artinya paling tidak Anda akan menghirup bantal selama 7-8 jam semalam. Sebaiknya, cucilah bantal tersebut dua kali dalam setahun.

Kabar baiknya, bila Anda memiliki mesin cuci, maka Anda dapat menggunakan mesin pengering untuk membuatnya cepat kering.

Lalu, cobalah tengok isi bantal tersebut. Bila Anda memiliki alergi, cobalah untuk menggunakan isian berupa wol atau busa memori. Atau gunakan sarung bantal khusus hypoallergenic.

4. Gunakan kasur yang tepat

Kasur terbaik bagi mereka pengidap alergi, asma atau kondisi serupa lainnya adalah yang memiliki bahan alami seperti kapas dan wol.

Bila Anda telanjur membeli kasur baru, maka paling tidak gunakan pelapis hypoallergenic untuk menjaga agar tubuh tidak terkontaminasi langsung dengan debu, tungau, atau jamur.

5. Jauhkan hewan peliharaan

Mau tidak mau, suka tidak suka, jangan ajak hewan peliharaan bermain di atas kasur. Menjaga hewan peliharaan untuk tidak naik ke atas kasur adalah sebuah langkah penting untuk mendukung kesehatan Anda.



Close Ads X