Jokowi Tegaskan, Infrastruktur adalah Sarana Menyatukan Bangsa

Kompas.com - 31/10/2018, 15:11 WIB
Presiden Joko Widodo dalam penyerahan sertifikat kompetensi kepada pekerja konstruksi se-Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10/2018). (KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA)Presiden Joko Widodo dalam penyerahan sertifikat kompetensi kepada pekerja konstruksi se-Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang gencar dilaksanakan oleh pemerintah saat ini merupakan salah satu sarana untuk mempersatukan bangsa dan membangun hubungan antar-wilayah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hal itu saat pembukaan pameran Konstruksi Indonesia dan Indonesia Infrastructure Week 2018.

"Pembangunan infrastruktur sekarang adalah pekerjaan besar yang membuat karpet merah untuk Indonesia maju yang bisa mempersatukan bangsa dan membangun konektivitas antar-pulau, provinsi, kota, dan kabupaten," ucap Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Baca juga: Jokowi Serahkan Sertifikat kepada 10.000 Tenaga Konstruksi

Menurut dia, pembangunan ini bukan pekerjaan instan yang hasilnya belum tentu bisa langsung dinikmati sekarang, tetapi bisa dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur juga membuka lapangan kerja kepada para pelaku industri konstruksi, termasuk tenaga kerja yang terlibat.

"Selain itu juga memberi kesempatan kerja yang luas bagi para pelaku dan pekerja industri konstruksi. Di dalamnya melekat tanggung jawab berat untuk kita bersama," ujar Jokowi.

Dalam acara itu, dilakukan pula penyerahan sertifikat kompetensi kepada 10.000 tenaga kerja konstruksi se-Indonesia.

Presiden menilai tenaga kerja konstruksi yang sudah disertifikasi memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu sekalian (pekerja konstruksi) karena tanpa kalian program besar infrastruktur tidak akan berjalan," imbuhnya.

Dia memberikan apresiasi tinggi kepada para pekerja konstruksi yang terlibat langsung di lapangan untuk mengerjakan pembangunan infrastruktur, terutama di lokasi yang sulit secara geografis.

"Saya mengapresiasi kontribusi saudara-saudara sebagai pelaku di lapangan, apalagi yang bekerja di daerah terisolir, pulau terpencil, dan daerah pinggiran. Itu sangat berat, saya berikan jempol," kata Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X